3 tips Crop Tool yang tidak banyak orang tahu

Crop tool di Adobe Photoshop merupakan salah satu tool yang paling sering digunakan. Namun banyak yang menggunakan Crop tool sebagai alat untuk cropping image sehingga memiliki dimensi yang lebih kecil. Tidak banyak yang tahu bahwa Crop tool tidak hanyak untuk melakukan cropping tapi juga dapat digunakan untuk hal lain yang dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam mengolah image. Berikut 3 tips Crop tool yang tidak banyak orang tahu dapat dilakukan dengan tool ini.

1. Merubah dimensi Canvas dari foto.

Cara yang biasa dilakukan untuk merubah dimensi Canvas adalah dengan menggunakan menu Canvas Size dari perintah Image. Dengan Crop tool kita dapat merubah dimensi canvas dengan lebih intuitif karena kita dapat langsung melihat preview dari dimensi canvas yang kita inginkan.

2. Merubah dimensi dan resolusi dari foto.

Langkah yang sering dilakukan sesudah transfer file foto dari kamera ke komputer adalah merubah dimensi dan resolusi foto terutama untuk ditampilkan di web. Langkah rutin ini biasanya dilakukan dengan menggunakan menu Image Size dari perintah Image yang diakses dari menubar. Dengan Crop tool langkah ini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan fleksibel.

3. Memperbaiki perspektif dari foto.

Kadang kala karena sudut pengambilan foto yang tidak tepat maka elemen pada foto terlihat memiliki sudut perspektif yang tidak sempurna. Dengan crop tool, distorsi ini dapat diperbaiki terutama untuk foto-foto arsitektur.

  • Maryanto

    Link diatas sudah tidak aktif ya…

    • Sudah diupdate videonya.