5 Hal Penting Untuk Membuat Foto Composite Yang Realistis

Foto composite atau penggabungan beberapa foto menjadi satu merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan di aplikasi Adobe Photoshop. Dengan menggabungkan beberapa foto ini maka kita dapat membuat foto composite untuk menyampaikan sebuah “cerita” baru dengan memanfaatkan foto-foto lain yang sudah ada. Namun secara teknis kita tidak bisa seenaknya¬†membuat foto composite dengan menggabungkan beberapa foto dengan harapan dapat menghasilkan sebuah foto composite yang realistis. Pada tutorial kali ini saya akan membahasa 5 hal penting yang menjadi dasar dalam membuat foto composite atau menggabungkan beberapa foto menjadi satu agar hasilnya terlihat realistis tidak berkesan asal tempel saja.

1. Perspektif foto

Semua foto yang akan digabung sebaiknya semua memiliki perspektif yang sama. Perspektif adalah sudat pengambilan gambar dari foto tersebut. Apabila ada dua atau lebih foto dengan perspektif yang berbeda disatukan akan terlihat aneh karena akan terlihat tidak proporsional.

2. Arah cahaya

Semua foto seharusnya memiliki arah cahaya yang konsisten. Jangan sampai setiap elem foto yang disatukan masing-masing memiliki arah cahaya yang berbeda-beda yang akan mengakibatkan foto tidak terlihat realistis.

3. Seleksi

Seleksi yang rapih pada setiap elemen akan menghasilkan penggabungan foto yang rapih juga. Anda bisa melihat beberapa tutorial saya seperti di sini, di sini dan di sini untuk teknik seleksi.

4. Light tone

Masing-masing foto setelah digabungkan di Photoshop harus memiliki tingkat kontras dan tone gelap terang yang sama. Apabila dalam sebuah foto tingkat kontras berbeda-beda akan terlihat sebagai foto tempelan.

5. Color tone

Selanjutnya Anda harus membuat tone warna dari tiap elemen menjadi konsisten atau sama dengan elemen lainnya. Anda bisa lihat tutorial saya di sini untuk cara menyamakan warna.

Setelah Anda melakukan 5 hal di atas baru Anda dapat melakukan color grading pada foto secara keseluruhan agar foto memiliki look and feel yang sama. Untuk tutorial ini saya akan menggabungkan 2 foto berikut:

membuat foto composite
Eiffel photo by Skeeze is licensed under Public Domain.

membuat foto composite
Exercise Women photo by Amanda Mills is licensed under Public Domain.

Menjadi foto composite sebagai berikut:

membuat foto composite

Pada video tutorial dibawah ini saya sertakan juga contoh lain dengan menggabungkan 2 foto berikut:

membuat foto composite
Eiffel Tower from Seine photo by Artur Staszewski is licensed under CC BY-SA 2.0.

 

membuat foto composite
Waiting for the right person photo by Arashy Ga Oka is licensed under CC BY-SA 3.0.

Menjadi foto composite sebagai berikut:

membuat foto composite

  • Gunawan

    Maaf agak mlenceng dari topik,,,
    Ka mau tanya,,brush tool di photoshop kan biasanya klo ditekan kurung tutup siku/kurung buka siku ko ukuran angka size ny berubah tapi di kursornya mlh tanda + biasanya kan bulet membesar/mengecil ,,tanda + ny jga g brubah membesar/mengecil,,,mohon pencerahannya ka,,mksih sebelumnya@ _*

    • Tombol Caps Lock di keyboard kepencet :)