6 Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Upload Foto di Instagram

upload foto di instagram

Instagram telah dikenal luas sebagai salah satu platform media sosial yang populer digunakan untuk berbagi foto. Karena Instagram berbasis foto maka media sosial ini juga sangat populer di kalangan fotografer. Banyak fotografer yang berbagi karya fotografi mereka dengan upload foto di Instagram.

Tentunya Anda sebagian besar pengunjung FotografiDesain juga pernah upload foto di Instagram untuk berbagi hasil foto Anda. Tapi pernahkah Anda membaca Terms of Service atau Terms of Use (aturan penggunaan) Instagram sebelumnya? Terms of Use ini akan muncul pertama kali Anda mendaftar sebagai user di Instagram. Dengan membaca ataupun tidak membaca aturan penggunaan ini, Anda dianggap mengerti dan patuh pada aturan penggunaannya pada saat menjadi user di Instagram.

Yang menjadi masalah, hampir semua dokumen Terms of Service atau Terms of Use sangat panjang dan menggunakan tata bahasa hukum yang membuat orang malas membacanya. Akibatnya banyak yang tidak paham atau mengerti keterikatan hukum yang menjadi konsekuensi pada saat mereka apply atau menjadi user dari media atau platform tertentu. Sebagai contoh, Terms of Use dari Instagram bisa Anda lihat di link ini. Cukup banyak bukan? Bila dicetak bisa menghabiskan belasan halaman dengan lebih dari 5000 kata-kata. Belum lagi penggunaan bahasa hukum yang tidak familier untuk umum.

Nah tentunya akan lebih mudah apabila Terms of Use ini “diterjemahkan” ke dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti tanpa merubah esensi dari aturan-aturannya bukan? Dan bahasa apa yang lebih mudah daripada bahasa untuk anak-anak. Dalam sebuah laporan dengan judul “Growing Up Digital” yang dibuat oleh UK Children’s Commissioner (semacam lembaga pengawasan untuk anak-anak di Inggris), seorang pengacara bidang privacy menyederhanakan Terms of Service dari Instagram dalam bahasa yang mudah dimengerti untuk anak-anak.

Bahasa yang mudah dimengerti untuk anak-anak tentunya berarti juga bahasa yang mudah dimengerti untuk kita semua termasuk para fotografer. Berikut ini adalah rangkuman dalam hal ini 6 hal penting harus diketahui oleh fotografer sebelum upload foto di Instagram.

1. Instagram dapat menggunakan dan menjual foto Anda.

Secara resmi Anda adalah pemilik dari semua foto dan video asli yang Anda upload, tetapi Instagram diperbolehkan untuk menggunakan foto dan video tersebut, dan Instagram dapat memperbolehkan pihak lain untuk menggunakannya juga, dimanapun di seluruh dunia. Pihak lain dapat membayar Instagram untuk menggunakan foto dan video tersebut dan Instagram tidak akan membayar Anda untuk foto dan video tersebut.

2. Instagram dapat menggunakan data pribadi Anda dan memberikannya ke pihak lain.

Instagram dapat menyimpan, menggunakan dan membagikan informasi pribadi Anda dengan perusahaan lain yang terhubung dengan Instagram. Informasi ini termasuk nama Anda, alamat email, pendidikan, dimana Anda tinggal, foto-foto, nomer telephone, apa yang Anda sukai (likes) dan tidak sukai (dislikes), kemana Anda pergi, siapa saja teman Anda, seberapa sering Anda menggunakan Instagram, dan informasi pribadi lain yang Instagram dapatkan seperti tanggal lahir atau dengan siapa Anda melakukan chat, termasuk yang ada di dalam private messages (DM).

3. Anda tidak bisa menghindar dari iklan di Instagram.

Instagram dapat mengirimkan Anda iklan yang berhubungan dengan apa yang Anda sukai. Hal-hal apa saja yang Anda sukai adalah termasuk apa yang Instagram monitor dari aktifitas Anda. Anda tidak dapat menghentikan Instagram dari kegiatan ini dan apa yang Instagram kirimkan tidak akan selalu terlihat jelas sebagai sebuah iklan.

4. Instagram dapat menghapus foto dan video Anda kapan saja.

Instagram dapat berubah atau menghentikan keberadaannya, atau menghentikan akses Anda ke Instagram kapan saja, untuk alasan apapun dan tanpa harus memberitahukan Anda terlebih dahulu. Instagram juga dapat menghapus foto dan/atau video apapun secara acak, tanpa memberitahukan Anda, untuk alasan apapun. Apabila Instagram melakukan hal-hal tersebut, Instagram tidak akan bertanggungjawab dalam bentuk finansial dan Anda tidak memiliki hak untuk mengajukan keberatan (complain).

5. Instagram dapat memaksa Anda untuk mengganti username dengan alasan apapun.
6. Instagram tidak bertanggungjawab terhadap adanya pelanggaran hukum apapun.

Instagram dapat (tapi tidak harus) menghapus, edit, blok dan/atau memonitor apapun yang diupload atau aktifitas akun manapun yang menurut Instagram melanggar aturan-aturan dalam Terms of Use ini. Instagram tidak bertanggung jawab apabila ada pengguna yang melakukan pelanggaran hukum atau melanggar aturan-aturan ini; tapi apabila pengguna yang melakukan maka penggunalah yang harus bertanggung jawab.

Demikian 6 hal penting yang harus diketahui oleh fotografer sebelum upload foto di Instagram. Dengan memutuskan menjadi anggota Instagram maka secara otomatis Anda dianggap telah membaca dan mematuhi aturan-aturan yang ada di Terms of Use dari Instagram tersebut.

Untuk laporan lengkap “Growing Up Digital” bisa didownload di sini. Untuk Terms of Use dari Instagram yang lengkap bisa dilihat di sini.