8 Hal Penting Tentang Memory Card Kamera Yang Harus Diketahui Fotografer

Memory card kamera dan fotografer merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Sarana penyimpanan data ini sangat penting peranannya dalam pekerjaan fotografi. Sudah tidak terhitung banyaknya kita mendengar masalah yang muncul karena memory card kamera sehingga hasilnya sangat merugikan seperti hilangnya hasil-hasil foto yang kita lakukan.

Dalam tulisan saya sebelumnya di sini, sudah sempat saya jelaskan bagaimana sebuah memory card bekerja. Sehingga apabila file-file kita hilang, sebenarnya secara data file tersebut tidak hilang hanya info (File Allocation Table atau FAT) yang mengarahkan ke data tersebut yang rusak/hilang. Sehingga dengan aplikasi-aplikasi tertentu kita masih bisa menyelamatkan data-data dari file foto yang hilang tersebut. Lebih lanjut Anda bisa cek tulisan saya tentang cara menyelamatkan foto-foto yang hilang di memory card di link ini.

Dalam tulisan kali ini saya meneruskan apa yang telah disampaikan oleh Jeff Cable mantan manajer marketing dari perusahaan produk penyimpanan digital yang terkenal yaitu Lexar di salah satu web fotografi. Dalam tulisannya Jeff menyampaikan 8 hal penting yang harus fotografer ketahui tentang memory card kamera agar kita dapat terhindar dari masalah hilangnya hasil-hasil foto. Berikut ke 8 hal penting tentang memory card kamera yang perlu Anda ketahui:

1. Jangan menghapus foto di kamera.

Sering kali kita melihat-lihat hasil foto kita di kamera dan kemudian menghapus (delete) foto-foto yang tidak kita sukai dengan tujuan untuk mendapatkan space lebih banyak di memory card. Menurut Jeff, hal ini sangat tidak disarankan. Kamera yang kita pakai tidak dirancang untuk melakukan manajemen data di memory card dengan baik. Proses menghapus foto-foto di kamera dapat mengakibatkan File Allocation Table (FAT) di memory card berantakan. Untuk itu Jeff menyarankan apabila sudah selesai memotret untuk mengcopy semua file ke komputer lalu memformat memory card.

2. Format memory card di kamera bukan di komputer.

Jeff menyarankan untuk memformat memory card dengan menggunakan kamera yang akan digunakan pada saat itu. Contoh Anda menggunakan kamera Canon 5D Mark IV, maka memory card yang akan Anda gunakan diformat dengan kamera tersebut. Walaupun kemudian Anda mencabut memory card dari kamera tersebut dan menggunakannya di kamera Canon lainnya, Anda tetap harus format dengan kamera yang akan dipakai tersebut. Setiap brand dan jenis kamera menurut Jeff memiliki cara sendiri-sendiri dalam melakukan proses format memory card.

3. Format memory card setelah digunakan.

Hal ini masih berkaitan dengan penjelasan di nomer 1, dimana setiap kali kita selesai menggunakan memory card maka dibiasakan untuk kemudian melakukan format pada memory card tersebut. Tentunya setelah file-file data kita copy dan backup sebelumnya.

4. Gunakan Card Reader yang berkualitas.

Card reader juga memiliki hardware berupa intelligent controller yang sama dengan memory card. Karena itu memory card yang baik akan memilliki hardware yang baik pula untuk melakukan proses read & write pada memory card yang digunakan. Menurut Jeff lebih banyak memory card menjadi corrupted atau tidak terbaca gara-gara card reader murahan daripada gara-gara memory card yang jelek.

5. Jangan isi memory card sampai penuh.

Salah satu alasan menggunakan memory card dengan kapasitas besar adalah supaya kita tidak sampai mengisinya sampai penuh. Memory card kamera sama dengan hard disk komputer, ketika data mulai hampir penuh maka performance dari hardware tersebut akan menurun.

6. Tentunya jangan mencabut memory card saat proses read atau write berlangsung.

Anda bisa melihat indikator di kamera atau memory card pada saat terjadi proses read and write terjadi pada memory card. Indikator ini biasanya berupa lampu kecil yang menyala atau berkedip pada saat proses tersebut terjadi. Jeff malah menyarankan untuk tidak langsung mencabut memory card walaupun lampu indikatornya telah mati, sebaiknya tunggu 1-2 detik setelah indikator mati baru kemudian bisa dicabut.

7. Memaksimalkan fitur dual slot di kamera.

Untuk mereka yang memiliki kamera dengan dual slot untuk memory card, Jeff menyarankan untuk memilih mode penyimpanan dimana setiap kali foto maka file foto tersebut di simpan di dua memory card yang terpasang. Dengan demikian Anda memiliki backup seandainya data di salah satu memory card menjadi corrupted.

8. Gunakan memory card yang jelas.

Maksudnya jelas disini adalah memory card dari brand yang sudah ternama. Jeff menyebut brand Lexar dan Sandisk, alasannya karena brand tersebut sudah terpercaya dalam membuat produk-produk memory card yang baik. Ingat Anda mempercayakan hasil kerja Anda yang susah payah Anda lakukan ke memory card ini dan akan Anda pakai terus berulang-ulang dalam waktu yang lama. Investasi sedikit lebih mahal di awal akan menghemat banyak dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Demikian 8 hal mengenai memory card yang dishare oleh Jeff Cable yang berguna untuk kita sebagai fotografer. Setelah membaca artikel ini mudah-mudahan kita bisa lebih memperhatikan komponen kecil tapi sangat penting ini untuk menghindari kerugian besar yang mungkin terjadi.

Selain itu, Jeff juga mencoba menjelaskan beberapa mitos dan konsepsi mengenai memory card yang mungkin sering kita dengar saat ini:

Kalo memory card jatuh ke dalam air, datanya akan hilang.

Hal ini tidak benar. Teknologi memory card yang berupa solid state drive memungkinkan data untuk tetap bisa diakses sampai batas tertentu. Dengan menggunakan aplikasi data recovery Anda bisa menyelamatkan data yang ada di dalam memory card ini, namun tentu saja tidak disarankan untuk menggunakan memory card ini seterusnya.

Memory card harus disimpan di dalam case khusus.

Jeff mengatakan bahwa ia tidak pernah menggunakan case khusus untuk memory card. Selama ini ia langsung memasukan memory card tersebut ke dalam kantong tasnya tanpa case khusus dan tidak pernah ada masalah.

Mesin scan airport bisa merusak memory card.

Teknologi solid state yang digunakan oleh memory card sekarang menurut Jeff aman dari mesin scan di airport. Sehingga tidak masalah apabila memory card dibawa-bawa.