Apakah Adobe Camera RAW?

Adobe Camera RAW merupakan aplikasi untuk membuka dan mengedit format image RAW dari kamera digital yang pertama kali diperkenalkan oleh Adobe tahun 2003. Aplikasi ini secara otomatis terinstal apabila Anda menginstal aplikasi Adobe Photoshop, sehingga apabila Anda membuka foto dengan format RAW maka foto akan terlebih dahulu dibuka dengan aplikasi Adobe Camera RAW sebelum dibuka oleh Photoshop. Di dalam aplikasi ini Anda dapat melakukan editing di level RAW pada foto yang mencakup tonality range, color range dan lens correction serta beberapa pixel editing sederhana.

Aplikasi-aplikasi lain yang support Adobe Camera termasuk Photoshop, Photoshop Elements, After Effects dan Bridge. Selain itu Adobe Lightroom juga dibangun dari engine yang sama dengan Adobe Camera RAW, sehingga Anda bisa melihat kemiripan antara panel editing di Adobe Camera RAW dan Adobe Lightroom.

Update Adobe Camera RAW

Untuk fotografer, aplikasi Adobe Camera RAW ini sangat esensial terutama bagi mereka yang memotret dengan format file RAW. Karena versi terbaru dari aplikasi ini akan juga memiliki support untuk kamera-kamera keluaran terbaru. Jadi bila Anda baru membeli kamera digital terbaru dan format RAW dari kamera tersebut tidak bisa dibuka di Photoshop, hal tersebut dikarenakan versi Adobe Camera RAW Anda belum support kamera baru Anda. Untuk melihat list lengkap kamera yang sudah disupport oleh Adobe Camera Raw bisa dilihat di sini.

Buat Anda pelanggan Adobe Creative Cloud (CC) maka proses update akan dilakukan secara otomatis ketika Anda terhubung ke internet. Apabila ada kesulitan untuk mengakses update via online, dapat mendownload versi terbaru dari Adobe Camera RAW di sini:

RilisVersiLink
Desember 20169.8Adobe

Apa itu file XMP?

Sama dengan Adobe Lightroom, editing yang dilakukan di Adobe Camera RAW bersifat non destruktif, dimana informasi editing dan metadata dari foto disimpan dalam file terpisah dengan ekstensi file .xmp (Extensible Metadata Platform). Jadi kalo Anda edit foto dengan nama DSC_001.cr2 dengan Adobe Camera RAW maka akan muncul file baru dengan nama DSC_001.xmp yang berisi informasi seluruh editing yang Anda lakukan pada foto tersebut. File DSC_001.cr2 sendiri tidak mengalami perubahan apapun. Apabila file DSC_001.xmp Anda hapus maka ketika Anda membuka file DSC_001.cr2 akan terlihat kembali ke normal tanpa hasil dari editing yang dilakukan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan berikut:

Pada contoh ini saya mempunyai 1 buah file RAW dari kamera Samsung dengan nama _SAM1847.SRW di dalam folder:

adobe camera raw

Foto tersebut kalo dipreview di kamera terlihat sebagai berikut:

adobe camera raw

Lalu foto tersebut di buka di Adobe Camera RAW dengan editing pada White Balance, Exposure, Contrast dan Clarity seperti yang terlihat pada screenshot berikut:

adobe camera raw

Sekarang apabila kita lihat di folder dimana file sebelumnya berada, akan muncul file baru dengan nama _SAM1847.xmp yang berisi data-data perubahan apa saja yang dilakukan pada foto _SAM1847.SRW :

adobe camera raw

Anda bisa membuka file XMP tersebut dengan text editor seperti Notepad dan melihat informasi apa saja yang diterapkan pada foto dengan nama depan file yang sama dengan nama file XMP tersebut. Seperti yang saya jelaskan di atas, kalo file XMP ini dihapus maka tidak akan berpengaruh pada file RAW hanya saja ketika file RAW dubuka maka editan yang sebelumnya akan hilang dan semua seting pengaturan di Adobe Camera RAW akan kembali ke default.