Alasan Kenapa Lensa Canon Warna Putih

lensa canon warna putih

Buat Anda pengguna DSLR Canon tentu sudah tidak asing dengan beberapa varian lensa Canon warna putih. Dan kita semua tahu bahwa tidak semua lensa Canon warna putih, ada beberapa yang memiliki warna yang umum yaitu hitam. Lensa Canon warna putih hanya ada pada lensa Canon yang memiliki focal length super telephoto. Lalu apa alasannya Canon menggunakan warna putih pada lensanya?

Berikut penjelasan dari Canon Professional Network:

Lensa kamera memiliki beberapa elemen kaca didalamnya. Elemen-elemen ini dapat berubah posisi stukturnya akibat suhu panas. Hal ini biasanya tidak menjadi masalah dengan lensa yang memiliki dimensi kecil dimana besarnya perubahan tidak signifikan. Tetapi lensa dengan bentuk yang besar memiliki elemen-elemen yang juga besar sehingga perubahan yang terjadi dapat menghasilkan efek yang signifikan terhadap kemampuan lensa tersebut. Permukaan yang berwarna putih akan memantulkan cahaya matahari, membantu lensa tetap berada dalam suhu yang terjaga. Penjelasan lengkapnya bisa dilihat di sini.

Kesimpulannya, permukaan warna putih akan menjaga performance dari lensa-lensa besar agar tetap memiliki kemampuan yang optimal. Tetapi benarkah demikian? Kita lihat beberapa fakta berikut:

  • Pentax pernah membuat beberapa lensa berwarna putih (bahkan silver). Tetapi kemudian mereka memutuskan untuk tidak lagi membuat lensa tersebut.
  • Lensa besar Nikon yang premium seperti lensa 800mm dengan harga lebih dari USD 15.000 memiliki warna hitam.
  • Sigma yang juga sempat membuat lensa super 200-500mm dengan harga lebih dari USD 25.000 juga berpikir tidak perlu menggunakan warna putih pada lensanya.

Pada dasarnya Canon bukan yang pertama kali membuat lensa berwarna putih. Ada beberapa yang telah lebih dahulu membuat lensa dengan barrel warna putih sebelumnya. Bila memang pengaruh dari warna putih ini sangat signifikan, tentu semua lensa dari dulu sudah berwarna putih. Atau paling tidak lensa-lensa premium atau profesional dari berbagai produsen seperti Nikon, Sigma, Tamron dll akan memiliki warna putih.

lensa canon warna putih
Source: Canon USA

Jadi apa alasan sebenarnya Canon membuat lensa berwarna putih? Menurut saya jawabannya adalah branding. Sekarang semua orang bisa dengan mudah melihat lensa premium Canon diantara lensa-lensa lainnya bahkan dari kejauhan. Sekarang lensa putih sudah identik dengan lensa premium dari Canon. Kenapa merek lain tidak menggunakan warna putih? Karena mereka tentu tidak mau dianggap sama dengan kompetitornya. Jadi masalah warna lebih sebagai marketing gimmicks ketimbang masalah teknis. Mungkin nantinya kita akan melihat lensa dengan berbagai warna :)