Bit Depth Dalam Gambar Digital dan Photoshop

bit depth photoshop

Isitilah “bit depth” merupakan salah satu istilah yang ada dalam gambar atau citra digital. Bila Anda pengguna kamera digital, Anda bisa mengakses pilihan bit depth ini di seting format RAW. Sedangkan bila Anda menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop, maka pilihan bit depth dapat Anda lihat di Image Mode. Pilihan yang ada biasanya dalam satuan bit, apakah itu 8 bit atau 16 bit. Pada artikel ini saya akan membahas apakah yang dimaksud dengan bit depth ini dan bagaimana pengaruhnya terhadap foto dan proses retouching.

Seperti kita ketahui setiap gambar digital terdiri dari pixel-pixel yang membentuk gambar tersebut (penjelasan pixel dan resolusi lihat di sini). Bit depth merupakan informasi jumlah warna yang ada pada tiap pixel tersebut. Semakin besar angka bit depth maka semakin banyak informasi nuansa warna yang tersedia pada tiap pixel sehingga dapat lebih merepresentasikan tonal warna semakin akurat. Satuan yang digunakan dalam bit depth ini adalah bit dimana 1 bit terdiri dari 2 informasi (contoh: 0 atau 1, benar atau salah). Dengan demikian dalam sebuah gambar digital dengan bit depth 1 bit maka informasi warna yang ada pada foto tersebut hanya 2 warna saja. Apabila gambar digital memiliki bit depth sebesar 2 bit maka informasi warna yang ada pada foto tersebut adalah 22 = 2 × 2 yaitu sebanyak 4 nuansa warna. Lihat ilustrasinya dalam tabel berikut:

Image Bit DepthInformasi WarnaJumlah WarnaContoh
1 bit212bit depth photoshop
2 bit224bit depth photoshop
3 bit238bit depth photoshop
4 bit2416bit depth photoshop

Dari tabel ilustrasi di atas maka dapat kita lihat semakin besar bit depth maka semakin banyak informasi warna yang tersedia untuk semakin akurat dalam menghasilkan warna yang diinginkan.

Pada contoh diatas saya menjelaskan mengenai bit depth pada foto hitam putih, sekarang bagaimana bila kita menggunakan foto berwarna? Sebelumnya saya pernah menjelaskan mengenai Color Space pada foto, dimana sebuah foto digital mendapatkan warna-warnanya dari kombinasi 3 warna primer yaitu Red, Green dan Blue (RGB). Informasi bit depth pada foto berwarna RGB artinya adalah informasi jumlah warna yang ada pada masing-masing channel RGB.

Untuk pilihan format file gambar berupa format JPG, maka jumlah bit depthnya adalah 8 bit. Sehingga sebuah file foto JPG dengan color space RGB memiliki informasi warna 8 bit untuk channel Red, 8 bit untuk channel Green dan 8 bit untuk channel Blue (sering disebut juga sebagai gambar 24 bit = 8bit × 3 channel). Semakin banyak informasi warna di masing-masing channel maka semakin akurat warna yang direpresentasikan dalam gambar atau foto tersebut. Sekarang mari kita hitung berapa jumlah warna yang ada pada gambar JPG RGB dengan bit depth 8 bit yaitu 28 = 2 × 2 × 2 × 2 × 2  × 2 × 2 × 2 = 256 warna untuk masing-masing channel Red, Green dan Blue. Dengan demikian apabila Anda memiliki file foto dengan format JPG terdapat kemungkinan warna hingga 2563 = 16,8 juta warna. Angka tersebut adalah jumlah maksimum informasi warna yang ada pada sebuah gambar digital RGB dengan bit depth 8 bit.

8 bit vs 16 bit

Adobe Photoshop merupakan aplikasi grafis yang telah mensupport file dengan bit depth 8 bit, 16 bit dan 32 bit. Seperti dijelaskan di atas, bit depth 8 bit adalah apa yang Anda dapatkan dari format file JPG. Sedangkan apabila Anda menggunakan kamera digital yang telah mensupport format RAW, maka Anda dapat memiliki file gambar dengan bit depth 16 bit karena format RAW support untuk bit depth tersebut. Cara lain untuk mendapatkan bit depth 16 bit atau 32 bit adalah dengan menggunakan scanner karena beberapa scanner juga telah mensupport scanning gambar dengan format bit depth lebih dari 8 bit.

Lalu sekarang pertanyaannya adalah pilih gambar dengan bit depth 8 bit atau 16 bit? Seperti dijelaskan di atas, sebuah file 8 bit akan memberikan informasi warna hingga 16 juta warna lebih. Jumlah ini sangat sangat banyak sekali. Kemampuan mata kita sendiri dapat membedakan warna dalam kondisi normal hanya beberapa juta saja. Ini artinya jumlah warna yang ditawarkan oleh format 8 bit sebenarnya lebih dari cukup untuk mata kita. Dengan kata lain format 8 bit sudah cukup untuk menghasilkan foto dengan tonal warna yang natural dan benar.

Lalu bagaimana dengan gambar digital dengan format 16 bit? Apabila gambar digital 8 bit dapat memberikan warna hingga 16,8 juta warna maka gambar digital 16 bit akan memberikan hingga 281,5 triliun warna! Jumlah informasi warna yang sangat luar biasa banyak. Adakah keuntungan yang didapat dari banyaknya informasi warna ini? Toh apabila Anda bandingkan 2 foto identik dimana masing-masing 8 bit dan 16 bit akan terlihat hampir tidak ada bedanya sama sekali.

Keuntungan dari menggunakan gambar digital 16 bit adalah fleksibilitas pada saat post processing. Sebagai contoh saya menyiapkan dua buah gambar identik yaitu gradasi dari hitam ke putih berikut di Photoshop dimana perbedaannya adalah pada bit depth saja:

bit depth photoshop
8 bit image
bit depth photoshop
16 bit image

Berikutnya saya akan menerapkan image adjustment yang sama persis kepada dua image tersebut yaitu dengan menerapkan Image > Adjsutments > Levels dengan seting berikut:

bit depth photoshop

Apa yang saya lakukan adalah dengan merapatkan gradasi menjadi lebih sempit di tengah sehingga hasilnya adalah sebagai berikut:

bit depth photoshop

bit depth photoshop

Apabila kita lihat hasilnya antara image 8 bit dan 16 bit masih terlihat sama. Namun apa yang terjadi apabila kali ini saya akan rubah kembali image menjadi gradasi hitam ke putih dengan menerapkan Image > Adjustmenst > Levels dengan seting yang sama pada kedua image tersebut:

bit depth photoshop

Berikut hasilnya pada masing-masing image:

bit depth photoshop
8 bit image
bit depth photoshop
16 bit image

Karena gambar dengan 16 bit memiliki jauh lebih banyak informasi warna maka ketika terjadi stretching pada saat retouching image hasilnya menjadi lebih baik tanpa terjadi color banding di gradasi. Dengan demikian bila Anda melakukan proses retouching yang ekstensif pada gambar, image dengan bit depth 16 bit akan mengurangi kemungkinan terjadinya kehilangan warna dan tone yang berakibat pada berkurangnya image quality dari gambar. Silahkan Anda coba sendiri dengan gambar berwarna dengan cara di atas, maka Anda akan melihat perbedaannya antara gambar 8 bit dan 16 bit.

Berikut beberapa tips ketika bekerja dengan bit depth 8 bit dan 16 bit:

  • Format JPG hanya mensupport bit depth 8 bit. Untuk menyimpan gambar dalam format 16 bit simpan dalam format PSD.
  • Untuk mendapatkan gambar dengan bit depth lebih dari 8 bit, gunakan format RAW dari kamera digital.
  • File size (bytes) sebuah gambar digital 16 bit akan lebih besar daripada gambar yang sama dengan bit depth 8 bit.
  • Merubah gambar yang aslinya 8 bit menjadi 16 bit tidak akan menambah jumlah informasi warna yang ada. Sebaliknya merubah gambar 16 bit menjadi 8 bit artinya mengurangi informasi warna yang sudah ada.
  • Beberapa fitur seperti filter-filter tertentu di Adobe Photoshop tidak bisa diakses apabila gambar memiliki bit depth 16 bit.
  • Bekerjalah sebisa dan semaksimal mungkin dengan gambar file yang memliki bit depth 16 bit dari awalnya. Hanya rubah ke 8 bit untuk mengakses fitur-fitur tertentu di Adobe Photoshop yang tidak bisa diakses dengan 16 bit serta untuk merubah format file ke JPG dengan file size kecil untuk keperluan online.
  • Untuk merubah bit depth di Adobe Photoshop pilih Image > Mode
  • Pastikan pilihan Workflow Option di windows Camera RAW pada saat membuka file RAW di Photoshop tetap menunjukkan bit depth 16 bit. Dengan demikian file RAW tersebut akan dibuka sebagai file 16 bit di Photoshop.

bit depth photoshop

  • Namun apabila Anda membuka file JPG dengan Camera RAW terlebih dahulu, maka nantinya file JPG tersebut akan dibuka sebagai file 16 bit dengan seting yang disebutkan di point sebelumnya. Jadi jangan lupa setelah itu file JPG nya di convert lagi ke 8 bit di Adobe Photoshop. Hal ini dilakukan karena seperti yang sudah saya jelaskan di atas, percuma merubah file JPG original 8 bit menjadi 16 bit karena sebenarnya tidak terjadi penambahan informasi warna.

bit depth photoshop

  • Nilokusumo Tri Pamungkas

    saya ingin bertanya, apakah bisa menghitung jumlah RGB pada gambar berekstensi .jpeg ?
    misal, Red terdapat 5juta warna, Green 6juta warna, Blue 5juta warna. Terimakasih~

  • Mohamad Borneafandri Abulga

    Sekarang saya baru tahu color banding disebabkan oleh color depth yang rendah.Tapi kalo kita bekerja dengan file 16 bit apakah ada perbedaan pada prosesnya seperti kerja pc/laptop yang menjadi lebih lambat???

    • bismafs

      Seperti saya tulis diatas, filesize akan semakin besar dng bit depth 16 bit karena jumlah informasi 2x lebih banyak dari 8 bit. Otomatis bekerja dng filesize yg besar juga membutuhkan resource pc yg besar, akibatnya bekerja dng file 16 bit akan terasa lebih lambat dibandingkan dng 8 bit pada komputer yg resourcenya tidak terlalu besar :)