Cara Edit Foto Fashion Dengan Photoshop

Pada saat ini sedang populer cara edit foto fashion yang menampilkan foto dengan nuansa sinar matahari pada saat menjelang golden hour. Foto-foto ini biasanya menampilkan model di outdoor dengan lighting natural atau menggunakan artificial lighting yang mensimulasikan cahaya natural. Posisi arah cahaya biasanya back light (sumber cahaya berada di belakang model) atau side light (sumber cahaya berada di samping model). Pada foto biasanya sengaja diperlihatkan flare atau ray burst dari sumber cahaya untuk menghasilkan efek lighting yang dominan.

Selain itu pada edit foto fashion ini, area shadow biasanya diangkat sehingga tidak terlihat dark (hitam) sedangkan area highlight biasanya diturunkan untuk meminimalkan nuansa over exposure pada foto. Cara edit foto fashion seperti ini biasanya digunakan untuk foto glamour atau foto fashion yang tidak terlalu fokus pada garmen atau textilnya. Sebelumnya saya pernah post tutorial mengenai cara edit foto fashion di sini, tutorial kali ini merupakan variasi saja dari tutorial tersebut. Berikut hasil tutorial cara edit foto fashion (arahkan mouse pada foto untuk melihat foto sebelum diedit) :

Cara edit foto fashion

Untuk dapat menghasilkan cara edit foto fashion yang memiliki nuansa seperti pada tutorial kali ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Ambil foto di outdoor pada saat matahari sudah terbit atau menjelang matahari terbenam. Jangan pada saat siang hari dimana matahari sudah terlalu tinggi sehingga menghasilkan cahaya yang terlalu kontras.
  2. Posisikan model sehingga matahari (atau lampu flash apabila Anda tidak mengandalkan matahari sebagai sumber cahaya) berada di belakang atau di samping dari model. Dengan demikian Anda akan mendapatkan posisi pencahayaan side light atau back light. Hati-hati apabila memilih back light jangan sampai model menjadi terlalu silhouette, gunakan reflektor atau flash untuk fill in shadow.
  3. Gunakan lensa dengan bukaan besar. Buat foto dengan menggunakan aperture terbesar dari lensa sehingga menghasilkan latar belakang yang blur. Latar belakang yang blur akan memberikan karakter soft yang ada pada editing foto ini.
  4. Atur pose model sehingga tidak ada area yang over exposure khususnya pada skin tone. Hindari juga area yang terlalu kontras seperti bayangan yang terlalu hitam terutama dibagian wajah.

Selanjutnya untuk cara edit foto fashion, lakukan post processing foto dengan menggunakan Adobe Photoshop seperti yang ada di video berikut ini:

Seperti biasa, apabila Anda menerapkan tutorial ini pada foto karya Anda sendiri silahkan share hasilnya di sini. Post linknya di bagian comment di bawah ini atau tulis di Facebook Page FotografiDesain atau mention ke @fotografidesain.