Cara Edit Foto Fashion Dengan Photoshop

Pada saat ini sedang populer cara edit foto fashion yang menampilkan foto dengan nuansa sinar matahari pada saat menjelang golden hour. Foto-foto ini biasanya menampilkan model di outdoor dengan lighting natural atau menggunakan artificial lighting yang mensimulasikan cahaya natural. Posisi arah cahaya biasanya back light (sumber cahaya berada di belakang model) atau side light (sumber cahaya berada di samping model). Pada foto biasanya sengaja diperlihatkan flare atau ray burst dari sumber cahaya untuk menghasilkan efek lighting yang dominan.

Selain itu pada edit foto fashion ini, area shadow biasanya diangkat sehingga tidak terlihat dark (hitam) sedangkan area highlight biasanya diturunkan untuk meminimalkan nuansa over exposure pada foto. Cara edit foto fashion seperti ini biasanya digunakan untuk foto glamour atau foto fashion yang tidak terlalu fokus pada garmen atau textilnya. Sebelumnya saya pernah post tutorial mengenai cara edit foto fashion di sini, tutorial kali ini merupakan variasi saja dari tutorial tersebut. Berikut hasil tutorial cara edit foto fashion (arahkan mouse pada foto untuk melihat foto sebelum diedit) :

Cara edit foto fashion

Untuk dapat menghasilkan cara edit foto fashion yang memiliki nuansa seperti pada tutorial kali ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Ambil foto di outdoor pada saat matahari sudah terbit atau menjelang matahari terbenam. Jangan pada saat siang hari dimana matahari sudah terlalu tinggi sehingga menghasilkan cahaya yang terlalu kontras.
  2. Posisikan model sehingga matahari (atau lampu flash apabila Anda tidak mengandalkan matahari sebagai sumber cahaya) berada di belakang atau di samping dari model. Dengan demikian Anda akan mendapatkan posisi pencahayaan side light atau back light. Hati-hati apabila memilih back light jangan sampai model menjadi terlalu silhouette, gunakan reflektor atau flash untuk fill in shadow.
  3. Gunakan lensa dengan bukaan besar. Buat foto dengan menggunakan aperture terbesar dari lensa sehingga menghasilkan latar belakang yang blur. Latar belakang yang blur akan memberikan karakter soft yang ada pada editing foto ini.
  4. Atur pose model sehingga tidak ada area yang over exposure khususnya pada skin tone. Hindari juga area yang terlalu kontras seperti bayangan yang terlalu hitam terutama dibagian wajah.

Selanjutnya untuk cara edit foto fashion, lakukan post processing foto dengan menggunakan Adobe Photoshop seperti yang ada di video berikut ini:

Seperti biasa, apabila Anda menerapkan tutorial ini pada foto karya Anda sendiri silahkan share hasilnya di sini. Post linknya di bagian comment di bawah ini atau tulis di Facebook Page FotografiDesain atau mention ke @fotografidesain.

  • Bayu Aji

    ini ilmunya sangat membantu sekali bagi orang” pemula yg ingin belajar editing..
    ini contoh foto yg saya edit sesuai dengan tutorialnya, foto yg diambil hanya menggunakan kamera HP…
    apakah ini ada yg kurang? tolong penjelasannya…
    sebelumnya terima kasih buat tutorialnya, sangat membantu sekali…

  • Fairus Niratama

    Terima Kasih banyak mas, ilmunya bermanfaat sekali, sering-sering sharing mas. Hahaha

  • Jaka

    wah, hasil fotonya keren, saya juga sedang mencari gaya gaya dan efek foto seperti ini, thanks :)
    oia, visit juga website photoshop saya belajar photoshop

  • juventini storia

    mas tolong minta bantuan ny donk bwt foto ane nh, kan objek orang ny itu kurng jelas,,nah saya ingen memperjelas nya tetapi pengen masih terlihan sprti foto aslinya. itu gmna ya bang?? + ada cara ga bang supaya foto pas d potong itu engga pecah cz nya biasa bwt gaya d DP BBM :P … terima kasih saya tunggu trik edit ny, makasih !! :)

  • Guest

    Bang boleh minta saran bwt foto ane, ini kan objek ny kurang jelas, bagaimana cara buat edit mempertajam objek, tetapi baground tidak rubah … :) + ada cara ga agar foto tidak pecah ketika di jadikan DP BBM.. :P makasih

  • Salim Achiel Dongo’ond

    tolong di coment yahh gan :)

    • bismafs

      Pusat flare nya terlalu dekat, pusatnya ini mensimulasikan sumber cahaya (dalam hal ini matahari). Di foto ini jadinya kesannya mataharinya ada di tanah rumput yang di belakang. :)

  • Guest

    Tes

  • Guest

    Kurang apa gan?

  • Fauzul Annassyah

    mas bisma mohon komentarnya untuk foto yang saya edit tentang fashion glamour
    mas
    trik mas sangat membantu , tolong dikomentar yo mas apa aja yang kurang :)

    • bismafs

      Saya rasa nggak ada masalah yah, sudah bagus :)

  • Tutorial diatas setelah saya coba begini hasilnya bang Bisma.mohon koreksinya kurang gmn..?? Terima kasih https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10200656292649857&set=a.10200635664974178.1073741859.1836774268&type=3&theater

    • bismafs

      Ok hasilnya. Masukan dari saya: lens flare kalo bisa dibuat lebih halus, karena hanya sekilas kalo yg sekarang semua orang tau itu tambahan dari filter lens flare Photoshop. Coba mainkan efek cahaya sehingga lebih kuat efeknya dimulai dari posisi lens flare yang sekarang.

  • Bayu Stratocaster

    om apa yg kurang ini lagi om….

    • bismafs

      Foto pertama: tangan yg ke atas sama kain terlalu over jadinya hilang, blending sama langit. Mungkin detailnya bisa dimunculkan.
      Foto kedua: udah ok, masukan: coba belajar ttg komposisi, penempatan Point of Interest, headroom dll.

  • Bayu Stratocaster

    tengkiu om….

  • Dede Darmawansyah

    Top Markotop mas…. :))
    Lovely blog…

    • bismafs

      Thank you =)

  • Arif fadillah rahman

    hehehhe thank ilmunya ,

  • Miracle

    Kak bisma, ajarin cara ngedit foto yg kayak link dibawah ini donk:
    https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1/1545113_261328227368228_574652814_n.jpg

    Halus n soft banget kayak gitu… :(

  • Amin

    Sangat sangat membantu paman… Ini yg sdh lama sy cari… makasih banyak ya… makasih atas ilmunya… :)

    • bismafs

      Terima kasih, senang bisa membantu. Share juga ttg FotografiDesain ke yang lain yah.