Cara Kerja Desainer Sebelum Ada Adobe Photoshop

Aplikasi Adobe Photoshop dan aplikasi grafis lainnya seperti Adobe Illustrator dan Adobe InDesign saat ini telah berkembang menjadi bagian penting dari cara kerja desainer. Sulit membayangkan bagaimana desainer bekerja melakukan desain tanpa bantuan aplikasi berbasis komputer seperti Adobe Photoshop. Namun pekerjaan desain telah ada jauh sebelum aplikasi ini hadir, nah bagaimanakah cara kerja desainer sebelum ada aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop?

Di video berikut ini Anda akan melihat cara kerja desainer dan langkah-langkah kerja seorang desainer pada saat membuat desain sebuah iklan satu halaman pada sebuah majalah. Apabila Anda memperhatikan dengan baik video ini Anda akan melihat beberapa note menarik seperti mengapa masking di Adobe Photoshop berwarna merah, ataupun penggunaan huruf tempel (Rugos) pada desain.

CDC Graphic Artists at Work” by Unknown CDC photographer – CDC PHIL image library. Licensed under Public Domain via Wikimedia Commons

  • oh begitu,tapi kalau biar muncul di menu filter gimana ya mas?oh ya makasih banget buat tutor2nya mas :)

  • Hendi Rahmat

    saya mau tanya mas,gimana cara menggunakan camera raw pada photoshop cs6?sebelumnya terimakasih mas,terimakasih atas ilmunya mas :)

    • bismafs

      Maksudnya munculin Adobe Camera Raw nya? Kalo format file yang dibuka format RAW, defaultnya nanti dibuka pake Adobe Camera RAW dulu sebelum ke Photoshop.

      • Hendi Rahmat

        oh begitu,tapi kalau biar muncul di menu filter gimana ya mas?oh ya makasih banget buat tutor2nya mas :)

  • Bjm Mend

    Ok bg, thanks..
    Saya mau nanya lagi nih bg, kalau kita memperkecil ukuran besar file dari suatu foto kamera DSLR, bukan size nya ya, apakah pixel dari foto tersebut ikut berpengaruh saat pencetekan atau pun penyimpanan file.?

    • bismafs
      • Bjm Mend

        Ia bg, itu sudah saya baca dari ketiga topik yang abg berikan itu, tp masih kurang juga bg,
        gini bg, contoh nya kan, saya punya satu buah foto yang sudah diolah di photoshop, dan setelah disimpan ternyata ukuran file nya besar, bisa mencapai 10Mb (mega bite), dan kalau di upload pun mesti menunggu lama karena ukuran file fotonya yang besar, jadi untuk mengatasi itu mesti di kecilkan ukuran filenya saat di save melalui photoshop dengan menurunkan Quality nya, sehingga diperoleh ukuran file foto yang kecil menjadi ukuran Kb (kilo bite). Yang menjadi pertanyaan saya, apakah foto yang telah diperkecil ukuran besar filenya dari MB(mega bite) menjadii KB(kilo bite) berpengaruh pada pixel fotonya dan saat pencetakan?

        • bismafs

          Jumlah pixel pada foto tidak berubah ketika kita memilih quality yang lebih rendah pada saat di simpan dalam format JPG. Kecuali dimensi filenya juga kita rubah, maka akan ada pixel yang dibuang.
          Sedangkan untuk pencetakan yang berpengaruh adalah resolusi atau jumlah pixel per inch (ppi) dari foto. Ketika quality foto diturunkan, Photoshop tidak akan secara otomatis menurunkan ppi dari foto tsb.
          Kesimpulan: hasil cetak foto yang diturunkan qualitynya tentu akan terlihat lebih jelek dari aslinya karena qualitynya lebih rendah, bukan karena ppi dari foto tersebut yang berkurang.

          • Bjm Mend

            Oh..? Gtu ya bg…
            Ok lah bg, trimakasih telah membantu…

          • bismafs

            Sama2 :)

          • Bjm Mend

            Bg, boleh minta buatkan tutorial cara menghaluskan kulit pada muka berjerawat dengan menggunakan adobe photoshop dan adobe lightroom.
            Terima kasih..

  • Bjm Mend

    Bg, saya mau bertanya, bagaiman cara mengedit video yang direkam melalui kamera DSLR menggunakan Adobe Premiere, serta membuat animasi logo seperti pada tutorial fotografi desain?
    Tolong kasi tau donk, cara yang lebih baik.
    Terimakasih.

    • bismafs

      Animasi logo buatnya pake aplikasi Adobe After Effect. Untuk tutorialnya bisa di cari di Google.