Cara Membuat Cinemagraph di Photoshop

cara membuat cinemagraph

Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana cara membuat cinemagraph di Photoshop. Cinemagraph merupakan sebuah still photography dimana terdapat animasi kecil yang terjadi berulang. Format file foto cinemagraph biasanya adalah format GIF dan dikarenakan adanya animasi gerakan pada foto menimbulkan ilusi seolah-olah kita sedang melihat video atau film. Cara membuat cinemagraph sebenarnya relatif mudah dan tidak memerlukan kamera yang mahal-mahal. Anda dapat membuatnya bahkan dengan hanya menggunakan handphone yang memiliki fitur atau kemampuan untuk merekam video.

Cinemagraph sendiri pertama kali populer dilakukan oleh Kevin Burg dan Jamie Beck yang menggunakan cara membuat cinemagraph pada foto-foto karya mereka di awal tahun 2011. Sebagian besar karya foto cinemagraph mereka adalah foto fashion dan foto news yang dapat dilihat di situs web mereka di www.cinemagraphs.com.

Cara membuat cinemagraph dapat kita bagi dalam dua tahap yaitu:

1. Merekam objek dalam bentuk video.

Seperti yang saya tulis di atas, Anda tidak harus menggunakan kamera mahal disini. Sebuah handphone ataupun kamera poket dengan kemampuan merekam video sudah cukup. Berikutnya Anda tinggal atur komposisi dan pencahayaan. Selanjutnya yang sangat penting adalah posisi kamera harus tidak bergerak jadi usahakan menggunakan tripod atau media lain agar kamera stabil. Subjek yang menarik untuk membuat cinemagraph adalah sesuatu yang memperlihatkan sedikit gerakan. Hal itu dapat berupa daun atau rumput yang tertiup angin atau mata yang berkedip. Pada contoh tutorial cara membuat cinemagraph kali ini saya memilih subjek manusia dan animasi yang ingin saya tampilkan hanya kedipan matanya saja. Penting apabila Anda memilih subjeknya manusia diusahakan untuk stabil dan tidak bergerak untuk memudahkan editing nantinya. Video yang diperlukan tidak perlu terlalu lama selama mencakup animasi yang diinginkan saja.

2. Proses editing video.

Untuk mengedit video kita dapat menggunakan aplikasi video editing seperti Adobe Premiere, After Effects atau Pinnacle Video Edit, Avid, dll. Tapi pada tutorial cara membuat cinemagraph kali ini saya akan perlihatkan bagaimana mengedit video dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop yang tentunya lebih familier digunakan oleh fotografer seperti kita.

Berikut editing video cara membuat cinemagraph di Photoshop:

Seperti biasa saya sangat berterima kasih apabila Anda bisa share hasil karya Anda dari tutorial ini. Share di comment bawah ini atau mention @FotografiDesain di Twitter. Terima kasih.