Cara Membuat Cinemagraph di Photoshop

Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana cara membuat cinemagraph di Photoshop. Cinemagraph merupakan sebuah still photography dimana terdapat animasi kecil yang terjadi berulang. Format file foto cinemagraph biasanya adalah format GIF dan dikarenakan adanya animasi gerakan pada foto menimbulkan ilusi seolah-olah kita sedang melihat video atau film. Cara membuat cinemagraph sebenarnya relatif mudah dan tidak memerlukan kamera yang mahal-mahal. Anda dapat membuatnya bahkan dengan hanya menggunakan handphone yang memiliki fitur atau kemampuan untuk merekam video.

Cinemagraph sendiri pertama kali populer dilakukan oleh Kevin Burg dan Jamie Beck yang menggunakan cara membuat cinemagraph pada foto-foto karya mereka di awal tahun 2011. Sebagian besar karya foto cinemagraph mereka adalah foto fashion dan foto news yang dapat dilihat di situs web mereka di www.cinemagraphs.com.

Cara membuat cinemagraph dapat kita bagi dalam dua tahap yaitu:

1. Merekam objek dalam bentuk video.

Seperti yang saya tulis di atas, Anda tidak harus menggunakan kamera mahal disini. Sebuah handphone ataupun kamera poket dengan kemampuan merekam video sudah cukup. Berikutnya Anda tinggal atur komposisi dan pencahayaan. Selanjutnya yang sangat penting adalah posisi kamera harus tidak bergerak jadi usahakan menggunakan tripod atau media lain agar kamera stabil. Subjek yang menarik untuk membuat cinemagraph adalah sesuatu yang memperlihatkan sedikit gerakan. Hal itu dapat berupa daun atau rumput yang tertiup angin atau mata yang berkedip. Pada contoh tutorial cara membuat cinemagraph kali ini saya memilih subjek manusia dan animasi yang ingin saya tampilkan hanya kedipan matanya saja. Penting apabila Anda memilih subjeknya manusia diusahakan untuk stabil dan tidak bergerak untuk memudahkan editing nantinya. Video yang diperlukan tidak perlu terlalu lama selama mencakup animasi yang diinginkan saja.

2. Proses editing video.

Untuk mengedit video kita dapat menggunakan aplikasi video editing seperti Adobe Premiere, After Effects atau Pinnacle Video Edit, Avid, dll. Tapi pada tutorial cara membuat cinemagraph kali ini saya akan perlihatkan bagaimana mengedit video dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop yang tentunya lebih familier digunakan oleh fotografer seperti kita.

Berikut editing video cara membuat cinemagraph di Photoshop:

Seperti biasa saya sangat berterima kasih apabila Anda bisa share hasil karya Anda dari tutorial ini. Share di comment bawah ini atau mention @FotografiDesain di Twitter. Terima kasih.

  • aabpic

    terimakasih ilmunya, semoga bermanfaat..
    salam hormat : http://aabpic.blogspot.com/

  • Rusli Ferdian

    Bang makasih tutornya…tapi aku ada masalah seperti ini gimana caranya ya….? makasih salam kenal

    • Triawan Waskita Bayuanggara

      masalah saya persis kyk ini nih

      • Banyak yg report kasus gini terutama yg menggunakan versi b*j*k*n atau yg cr**k nya nggak bener :)

  • sely ghea

    sayaaa kurang berhasil euy mas membuatnyaa..padahal ini TA sayaa dan deadline 2 minggu lagi huaaaa :'(

    • bismafs

      Masalahnya dimana?

  • chefamri

    mohon izin, semoga bermanfaat buat saya GAN,,,?

    • bismafs

      Silahkan :)

  • Guest

    saya pake cs6 extended

  • agus

    kok ga bisa dibuka difotoshop file mov nya,,,apa ada plugin tambahan buat video???

    • bismafs

      Photoshop support video mulai versi CS6 Extended ke atas

      • agus

        saya pake cs6 extended lho,,jadi pas di open muncul status “Could not complete your request because it is not the right kind of document”

        • bismafs

          Hmm..mestinya sih support yah, karena dari CS5 sudah support format MPEG-1 (.mpg or .mpeg), MPEG-4 (.mp4 or .m4v), MOV, AVI, dan MPEG-2. Lengkapnya lihat di sini http://helpx.adobe.com/photoshop/using/supported-file-formats-photoshop-cs6.html

          • Ar

            sama seperti saya ni kasusnya. Bukan cuma mov semua jenis file video tidak bisa dibuka di cs6 saya. Selalu ada tulisan Could not complete your request because it is not the right kind of document. gimana cara mengatasinya ya ini gan? trims…

          • Bisa dilihat di web Adobe berikut mengenai format file yang disupport oleh CS6: https://helpx.adobe.com/photoshop/using/supported-file-formats-photoshop-cs6.html Jadi seharusnya file video bisa dibuka oleh Photoshop. Kalo tidak bisa, ada kemungkinan masalah dengan installer Photoshopnya. Dari beberapa forum kalo aplikasinya “84j4k4n” kadang suka bermasalah.

  • Bintang Permana

    saya sudah ikutin smua petunjuk yg di di berikan tp pas di akhir mau ngsave tidak bisa di save for webnya error ada tulisan “could not complete this operation. an unknown error has occured” mohon pencerahannya trims…

    • bismafs

      Videonya formatnya apa? Dimensinya udah dikecilin? Atau coba kirim file PSD nya ke saya kalo tidak terlalu besar.

      • Bintang Permana

        mulanya saya rekam dengan kamera dslr dngn format .mov dimensi 480, setlah di convert ke format 3gp skrng udah bisa di save terima kasih pa Bisma, di tunggu tutorial berikutnya :)

        • bismafs

          Hmmm…mestinya sih pake MOV masih bisa. Sayang kalo diconvert ke 3gp karena ada kualitasnya nggak sebagus MOV. Tapi kalo sudah bisa yah sukurlah. Cuma kalo memang masih penasaran file PSD yg pake MOV bisa dikirim ke email saya di fotografidesain[at]gmail.com nanti saya coba disini.

          • Bintang Permana

            iya mas Bisma, udh sy send PSD nya moga bisa membantu salahnya dmn….thx