Cara Membuat Efek Foto 3D dan Glitch di Photoshop

efek 3d stereogram photoshop

Saat ini teknik image dan video 3 dimensi (3D) telah menjadi teknologi yang mulai populer di masyarakat. Dengan berbekal perlengkapan dan perlatan yang khusus, maka kita dapat melihat objek baik itu foto maupun film dengan tampilan 3 dimensi. Salah satu jenis image yang populer adalah stereogram. Walaupun stereogram sendiri bukan benar-benar objek 3D, namun dengan teknik yang dikenal sebagai anaglyphic method mampu memberikan persepsi 3 dimensi pada foto. Ciri khas dari image stereogram ini adalah bayangan warna cyan dan magenta pada foto.

efek foto 3d

Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana membuat efek foto 3D atau stereogram di Photoshop. Selain itu variasi populer dari teknik ini juga digunakan untuk membuat efek glitch pada foto.

Cara membuat efek foto 3D atau stereogram di Photoshop pada dasarnya adalah dengan memanfaatkan channel RGB yang ada pada image. Dengan mengakses properti dari masing-masing channel tersebut pada layer terpisah kita bisa membuat efek foto 3D atau stereogram yang kita inginkan.

Biasanya kita dapat mengakses channel dari image dengan membuka panel Channel. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan modifikasi langsung pada channel RGB image. Namun dengan cara ini maka kita melakukan editing langsung pada image (destructive editing) yang mengakibatkan image asli (original) akan berubah sehinggan kita tidak memiliki lagi image originalnya. Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana kita bisa mengakses channel RGB di image tapi langsung pada masing-masing layernya. Dengan demikian kita tidak akan menyentuh image awal (non destructive editing).

Selain itu pada tutorial kali ini saya juga akan perlihatkan variasi dari teknik ini untuk membuat efek glitch pada foto. Efek glitch mirip dengan efek visual yang muncul pada televisi atau monitor analog. Untuk itu langsung saja lihat tutorialnya di bawah ini:

Jangan lupa untuk follow FotografiDesain di Facebook, Twitter dan Instagram.

Untuk foto saya menggunakan foto berikut yang dapat didownload pada link berikut.

Download file PSD untuk tutorial ini:

Urban Photo credit by Pratheesh is licensed under  CC0 Public Domain

Stereogram image credit by Kim Scarborough is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States license.