Cara Membuat Efek Soft Tone atau Soft Light di Adobe Photoshop

Tutoral cara membuat efek soft tone atau soft light kali ini merupakan jawaban dari pertanyaan salah satu peserta Workshop Photoshop for Photographer yaitu mas Andi Kurniadi. Saat itu mas Andi memperlihatkan beberapa contoh foto dan menanyakan kepada saya bagaimana cara membuat efek soft atau style soft light pada foto-foto tersebut. Efek yang populer ini banyak disebut dalam berbagai nama, mulai dari efek soft light, efek soft tone, efek haze (kabut), efek pastel, dll. Salah satu foto tersebut bisa dilihat sebagai berikut:

It’s been a long day…?

A photo posted by theloopfactory (@theloopfactory) on

Setelah melihat beberapa foto yang diberikan, maka ada satu hal yang menjadi persyaratan utama untuk bisa membuat foto dengan efek soflitght ini. Yaitu tidak ada area highlight yang blow out atau over exposure. Karena bila ada area yang over maka area visual tersebut akan menghilangkan mood atau look dari efek foto yang diinginkan yaitu the softness look. Sekalipun ada area yang over maka biasanya area tersebut adalah area light source pada foto. Jadi untuk membuat foto dengan efek soft yang hasilnya baik harus dimulai dengan proses foto yang terencana dengan baik pula agar dapat menghasilkan foto tanpa area yang over exposure. Karena itulah, cara membuat efek soft dengan Photoshop adalah dengan mengurangi atau area-area over exposure yang ada pada foto. Kita bisa kurangi, hilangkan atau paling tidak membuat area over exposure pada foto menjadi faktor yang tidak domininan pada foto.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan salah satu foto dari mas Andi Kurniadi berikut ini:

Cara membuat efek soft dengan Photoshop

Hasil akhir dari foto adalah sebagai berikut:

Cara membuat efek soft dengan Photoshop

Pada tutorial saya akan perlihatkan bagaimana membuat color mood yang diinginkan. Pada contoh ini saya membuat color mood dari foto ke arah warm (kuning, orange, coklat). Anda bisa rubah color mood ini sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu pada tutorial efek soft kali ini saya perlihatkan juga sebagai bonus bagaimana merubah warna hijau pada daun menjadi warna lain ( pada tutorial ini saya rubah ke warna coklat) dengan cepat tanpa melakukan seleksi. Berikut tutorial lengkapnya:

  • uuhh keceh objeknya juga hehehe

    • Kalo nggak salah modelnya Winny Valensia :)