Cara Membuat Foto Dengan Background Putih

Foto studio dengan background warna putih merupakan salah satu teknik fotografi studio / lighting yang populer. Salah satu yang mempopulerkan teknik foto ini adalah fotografer fashion terkenal dari Amerika yaitu Richard Avedon. Pada post tutorial fotografi kali ini saya akan memperlihatkan cara membuat foto dengan background putih di studio foto.

Persiapan studio dan lighting

Untuk cara membuat foto dengan background putih maka tentunya kita harus mempersiapkan background dengan warna putih. Untuk jenis background kita bisa menggunakan jenis dropdown biasa yang digantung di stand background atau dengan menggunakan jenis white seamless background (atau dikenal juga sebagai limbo putih) apabila perlu memotret full body.

Selanjutnya untuk lighting kita memerlukan minimal 3 buah lampu. Untuk modifier kita perlu 2 modifier yang sama (bisa softbox besar atau barn door) untuk menerangi background. Dan satu modifier untuk menerangi objek foto kita. Jenisnya bebas sesuai dengan hasil yang diinginkan pada objek foto kita. Apabila menginginkan kontras yang tinggi bisa menggunakan silver umbrella atau bila menginginkan soft shadow bisa menggunakan softbox atau beauty dish dengan menggunakan soft cover.

Persiapan kamera

Seperti biasa untuk shooting di studio dengan lampu strobe, kamera di set ke mode M (Manual) untuk cara membuat foto dengan background putih ini. Selanjutnya set format file yang diinginkan (saran saya pilih format RAW untuk proses editing yang lebih maksimal) dan White Balance pada mode Flash. Berikutnya set ISO ke angka 100 untuk mendapatkan foto yang clean. Kemudian untuk shutter speed disesuaikan dengan flash sync speed dari kamera yang Anda miliki. Apabila Anda tidak tahu bisa diset di angka 1/150 detik. Jangan pilih shutter speed lebih cepat dari angka ini. Berikutnya untuk aperture biasanya saya mulai di f-number tengah dari lensa yang saya gunakan. F-number tersebut biasanya di f/8 sampai f/11. Selanjutnya aperture bisa Anda rubah-rubah untuk menyesuaikan dengan kondisi lighting dan mood dari foto yang Anda inginkan. Apabila sudah set pasang remote trigger di flash shoe lalu test koneksi dengan lampu yang ada.

Setup Lighting

Untuk mendapatkan background berwarna putih maka background foto harus diterangi dengan lampu khusus yang terpisah dari lampu yang digunakan untuk menerangi objek foto kita. Modifier yang digunakan biasanya modifier yang cukup besar untuk bisa meng-cover area background yang kita inginkan misalkan dengan softbox berukuran besar. Selanjutnya Anda bisa menggunakan lampu lain untuk menerangi objek fotonya. Untuk itu Anda bisa mengguunakan 1 atau lebih lampu dengan modifier sesuai dengan hasil foto yang Anda inginkan.