Cara Membuat Lensa Kamera Sendiri

Lensa kamera adalah salah satu komponen penting dalam fotografi. Dan mungkin adalah komponen yang paling berperan dalam menentukan hasil visual dari sebuah foto. Namun lensa juga merupakan salah satu alat yang memiliki nilai investasi yang lumayan tinggi untuk mendapatkan yang terbaik. Dalam artikel kali ini saya ingin berbagi apa yang dilakukan oleh pembuat kamera dari Swedia; Mats Wernersson tentang cara membuat lensa yang dia lakukan sendiri.

Cara membuat lensa yang dilakukan oleh Wernersson adalah dengan mengadaptasi model lensa Petzval. Lensa ini dibuat pertama kali oleh Joseph Petzval di tahun 1840 yang kemudian dijual oleh Voigtländer. Lensa ini populer karena field curvature, vignetting dan swirly bokehnya. Pada tahun 2013 Lomography mulai membuat lensa Petzval baru di Rusia dan mempopulerkannya kembali di era digital saat ini.

Berikut ini adalah foto dari lensa yang dia buat:

cara membuat lensa

Kembali ke apa yang dikerjasakan oleh Wernersson, cara membuat lensa yang dia lakukan sangat menarik. Walau tidak 100% semua komponen dibuat sendiri (mounting lensa, bilah diafragma dan helicoid diambil dari lensa lain) namun hampir semua komponen dibuat secara manual atau hand-made. Lensa tersebut memiliki focal length 90mm dengan maximum aperture di f/2.8. Hasilnya tidak buruk untuk sebuah lensa yang dibuat sendiri; tajam, clean dan menghasilkan bokeh yang bagus.

Berikut ini adalah hasil foto dengan menggunakan lensa tersebut:

cara membuat lensa
cara membuat lensa
cara membuat lensa

Tentu saja untuk membuat lensa ini diperlukan keahlian dalam bidang optik dan memerlukan peralatan khusus. Bahkan beberapa peralatan yang digunakan oleh Wernersson dia buat sendiri untuk bisa membuat lensa kamera ini. Namun bagaimanapun melihat proses cara membuat lensa yang dilakukan sendiri dengan hasil yang bagus merupakan sebuah raihan tersendiri dan menarik untuk dilihat khususnya oleh kita penggemar fotografi. Umumnya komponen fotografi yang penting seperti ini kita lebih banyak mengandalkan kemampuan manufaktur dari merek-merek ternama seperti Canon, Nikon, Sony, Fuji, Olympus, Pentax, Panasonic, dan lain-lain.

Bagaimana cara Wernersson membuat lensa ini bisa dilihat pada video berikut ini: