Cara Mengetahui Lensa Palsu Canon

lensa palsu

Baru-baru ini Canon mendapatkan sejumlah besar lensa dengan brand Canon yang masuk ke service center karena bermasalah dan diketahui ternyata lensa-lensa tersebut merupakan lensa palsu dari Canon. Lensa yang saat ini sudah diidentifikasi sebagai lensa palsu Canon adalah lensa 50mm f/1.8II.

Perlu diketahui lensa ini bukanlah lensa 50mm dari brand seperti Yongnuo yang membuat lensa sejenis dengan lensa Canon. Namun benar-benar lensa palsu yang mengcopy bentuk dari lensa 50mm Canon. Menurut Canon support site, komponen dan sirkuit elektronik di dalam lensa benar-benar berbeda dengan lensa asli Canon namun dari sisi fisik atau eksterior sangat mirip.

Bagaimana membedakan lensa asli Canon dengan lensa palsu? Perbedaannya dapat dilihat dari sebuah perbedaan minor di sisi fisik dengan memperhatikan nama perusahaan di mounting lensa (buka cap belakang terlebih dahulu) seperti pada gambar berikut:

lensa palsuBila Anda perhatikan lebih lanjut terdapat perbedaan antara lensa asli Canon dengan lensa palsunya:

lensa palsulensa palsu
Lensa asli: terdapat spasi atau jarak antara tulisan CANON dan INCLensa palsu: tidak ada spasi atau jarak antara tulisan CANON dan INC

Resiko memiliki produk palsu, bajakan atau kw adalah:

  • Kualitas tidak dijamin oleh brand. Kadang kualitas barang bajakan atau palsu bisa jadi mirip dengan aslinya, namun sering kali tidak konsisten dan bersifat random walaupun dari satu produk yang sama. Jadi walaupun teman atau kolega Anda menggunakan barang palsu dan hasilnya bagus, bila Anda menggunakan barang palsu yang sama tidak dijamin hasilnya juga sama bagus. Hal ini dikarenakan produksi barang palsu atau bajakan tidak dikerjakan dalam sebuah manufaktur dengan standar quality control yang baik, sebagian besar dikerjakan dalam bentuk industri rumahan atau UMKM.
  • Perbedaan kualitas komponen yang dipakai membuat produk palsu rentan dalam hal safety dan durability. Hal ini yang membuat produk palsu sering kali cepat rusak.
  • Harga jual kembali jatuh. Yang menarik dari produk palsu atau bajakan adalah harganya yang lebih murah daripada barang asli. Namun tentu saja ketika Anda hendak menjual kembali barang tersebut harganya akan sangat jatuh dari harga beli sebelumnya.
  • Dan tentu saja lensa palsu atau kamera palsu dan barang bajakan lainnya tidak akan mendapatkan layanan garansi resmi sehingga bila ada masalah akan menjadi sangat merepotkan.

Selama ini orang mengatakan sulit untuk “menggoyang” brand besar dengan produk palsu atau kw nya, namun akhirnya salah satu brand besar seperti Canon muncul produk palsu, bajakan atau kw nya. Hal ini tidak dapat dihindari, terutama dengan semakin majunya teknologi terutama di Asia Timur semakin terbuka kemungkinan munculnya produk-produk bajakan seperti ini. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu membeli produk dari distributor resmi untuk bisa menjamin keaslian barang-barang yang Anda beli. Saat ini mungkin baru lensa Canon 50mm f/1.8 yang dibajak, kedepannya lensa dan peralatan fotografi lain dari merek lain kemungkinan besar akan menyusul.

Info: Canon Support Site