Cara Menghaluskan Kulit di Photoshop Dengan Teknik Frequency Separation

Teknik atau cara menghaluskan kulit (skin tone smoothing) merupakan teknik yang lazim dilakukan terutama untuk beauty atau glamour photography. Cara menghaluskan kulit pada tahap post processing dilakukan dengan menggunakan Photoshop oleh retoucher dengan tujuan untuk mendapatkan skin tone yang smooth dan balance.

Di masa awal Photoshop dan ketika industri fotografi baru berkembang, cara yang lazim dilakukan untuk melakukan skin tone smoothing dilakukan dengan teknik yang sederhana:

  1. Seleksi area kulit yang akan dedit.
  2. Copy area tersebut ke layer baru.
  3. Gunakan filter blur (biasanya Gaussian Blur) untuk membuat kulit di layer baru tersebut menjadi lebih smooth.
  4. Selanjutnya menurunkan opacity dari layer baru tersebut agar blending dengan layer originalnya yang ada di bawah layer tersebut.

Namun cara menghaluskan kulit ini seperti kita ketahui memiliki kelemahan dalam editing skin tone, yaitu hilangnya detail atau tekstur dari kulit seperti yang bisa dilihat pada contoh gambar di atas. Penggunaan filter Blur mengakibatkan detail dan tekstur pada area kulit tersebut menjadi hilang. Akibatnya hasil akhir dari cara menghaluskan kulit ini menghasilkan hasil foto yang tidak realistis karena kulit terlihat seperti permukaan manekin dan bukan kulit manusia.

Salah satu teknik yang dapat digunakan di Photoshop untuk dapat menghaluskan kulit dengan tetap mempertahankan tekstur dan detail dari skin adalah dengan teknik Frequency Separation. Teknik ini sebenarnya sudah pernah saya bahas di awal-awal saya pertama kali membuat situs ini, kali ini saya ingin mengupdate tulisan tersebut sesuai dengan perkembangan saat ini.

Teknik Frequency Separation

Tujuan dari teknik Frequency Separation di Photoshop adalah untuk memisahkan antara elemen tekstur atau detail (high frequency) dengan elemen tone atau color (low frequency) dari area tertentu (dalam hal ini kulit) pada foto atau image. Contoh elemen high frequency adalah: pori-pori kulit, rambut dan bulu, serta kerutan atau garis pada kulit. Sedangkan low frequency adalah area warna dan tone yang ada pada permukaan.

cara menghaluskan kulit

Ketika dua elemen ini telah terpisah maka kita akan dapat dengan mudah melakukan editing pada salah satu elemen tanpa mempengaruhi elemen lainnya. Sebagai contoh, kita dapat melakukan smoothing dan balancing skin tone tanpa menghilangkan atau bahkan merubah detail atau tekstur dari kulit di area yang sama.

Berikut adalah hasil edit skin smoothing dengan menggunakan teknik Frequency Separatation:

Seperti yang bisa dilihat, hasil editing tetap mempertahankan tekstur atau detail dari kulit originalnya. Skin tone dapat kita buat lebih smooth dan balance tanpa merubah detail pada kulit. Beberapa orang prefer untuk membuat elemen tekstur menjadi lebih detail sehingga memperlihatkan efek skin tone kulit jeruk.

Pada video tutorial di bagian akhir tulisan ini saya akan perlihatkan cara menghaluskan kulit dengan teknik frequency separation ini dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah membuat basic frequency separation layer. Perlu diketahui bahwa tahap ini akan memiliki seting yang berbeda apabila Anda menggunakan image dengan bit depth 8 bit dan 16 bit (klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang bit depth di image).

Untuk memudahkan, saya juga telah membuat Photoshop Action yang dapat Anda download. Jalankan action yang sesuai dengan bit depth foto Anda,nantinya frequency separation layers akan dibuat secara otomatis oleh Photoshop. Informasi lebih lanjut tentang Photoshop Action bisa dilihat di tulisan ini. Download Action:

Berikut video tutorial teknik Frequency Separation dan cara penggunaan Photoshop Action Frequency Separation: