Cara Meniru Teknik Edit Foto Lain

Dari semenjak awal saya membuat blog ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan dari dulu sampai sekarang adalah bagaimana cara meniru teknik edit foto lain. Biasanya yang menanyakan akan memperlihatkan sebuah foto contoh dan kemudian menanyakan bagaiama cara meniru teknik edit dari foto tersebut dan mengaplikasikannya pada foto yang mereka miliki dengan harapan fotonya akan terlihat sama. Karena seringnya hal ini ditanyakan saya akan buat artikel ini khusus untuk menjawab sebenarnya adakah cara meniru teknik edit dari foto lain agar foto kita sama dengan foto lain tersebut.

Untuk membuat sebuah foto memiliki “look” atau tampilan visual yang sama maka Anda harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tampilan atau the look dari sebuah foto. Berikut sebagian dari faktor-faktor tersebut:

1. Faktor Mekanis

  • Jenis kamera yang digunakan. Ada berbagai jenis kamera pada saat ini baik berdasarkan ukuran sensor, sistem kerja, tipe, merek, material hingga harga. Dan masing-masing dari jenis kamera ini berkontribusi dalam membuat sebuah foto direkam dan dihasilkan.
  • Segitiga pencahayaan yang digunakan. Setiap pemilihan Shutter Speed, Aperture dan ISO yang dipilih oleh fotografer akan memberikan karakter foto yang khusus dan unik.
  • Jenis lensa yang digunakan. Sama dengan kamera, banyak jenis lensa dan masing-masing berkontribusi dalam menghasilkan foto.
  • Jenis lampu artificial (flash) apabila ada. Lagi-lagi beda merek bisa berarti beda karakter foto.

2. Faktor Lingkungan

  • Waktu dan tempat pemotretan. Memotret di sore hari akan memberikan karakter foto yang berbeda dengan memotret di tengah hari. Memotret dengan lokasi di gunung akan menghasilkan karakter yang berbeda dengan lokasi di komplek perumahan.
  • Atmosfer/cuaca pada saat pemotretan. Memotret di sore hari yang cerah akan berbeda dengan memotret di sore hari yang cerah setelah hujan.
  • Background pada subjek. Background sama pentingnya dengan subjek. Karakter background yang berbeda akan menghasilkan foto yang berbeda.
  • Lighting, lighting dan lighting. Arah cahaya, besarnya sumber cahaya, karakter warna cahaya, intensitas cahaya, semuanya mempengaruhi bagaimana foto terlihat.

3. Faktor Subjek

  • Memotret model umul 17 tahun akan berbeda dengan model 24 tahun. Karakter skin tone apakah sama? Bagaimana dengan tekstur dan karakter fisik? Body gesture masing-masing orang bisa berbeda dan membentuk karakter foto yang berbeda pula.
  • Karakter wardrobe yang digunakan. Apakah soft atau kontras.
  • Pemilihan komposisi. Komposisi dapat membantu terbentuknya mood dalam foto. Komposisi berbeda dapat diartikan berbeda pula.

4. Faktor Post Processing

  • Langkah-langkah apa saja yang dilakukan dalam post processing.
  • Properti file foto yang digunakan untuk diedit. Image mode, bit depth, dimensi pixel sampai histogram mempengaruhi hasil foto ketika tahap post processing.

Dengan demikian apabila Anda ingin membuat foto Anda sama dengan foto lain yang Anda sukai maka paling tidak Anda harus:

  1. Menggunakan kamera, lensa dan flash dengan karakter yang sama. Memilih seting segitiga pencahayaan yang sama.
  2. Berada di tempat, waktu dan kondisi lingkungan yang sama. Dengan karakter cahaya yang sama.
  3. Memotret subjek dengan karakter yang sama.
  4. Menggunakan file dengan properti yang sama untuk post processing.

Seperti Anda lihat di atas, maka tidak mudah untuk mencoba meniru tampilan atau the look dari foto lain ke foto Anda sendiri. Terlalu banyak faktor yang berada diluar kontrol kita yang juga mempengaruhi bagaimana tampilan dari sebuah foto.Terlalu banyak faktor yang berada diluar kontrol kita yang juga mempengaruhi bagaimana tampilan dari sebuah foto. Menurut saya satu-satunya yang bisa diusahakan sebaik mungkin adalah proses editing atau post processingnya. Paling tidak dengan membuat karakter tone dan warna yang sama. Itupun tidak akan menjamin foto Anda akan 100% mirip.

Berikutnya saya akan jelaskan bagaimana mengenal karaker tone dan warna yang ada pada foto dan kemudian mensimulasikannya di foto kita dengan Adobe Photoshop.

Sebuah foto dapat kita pahami karakternya dari tone dan warnanya. Dengan mengetahui karakter tone dan warna pada foto maka kita dapat mensimulasikan tone dan warna yang mendekati pada foto yang kita gunakan. Secara umum langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pahami area Shadow, Midtone dan Highlight pada foto.
  2. Bagaimana karakter tone di masing-masing area tersebut.
  3. Bagaimana karakter warna di masing-masing area tersebut.

Seperti yang Anda lihat, Anda harus terlebih dahulu paham bagaimana menemukan area Shadow, Midtone dan Highlight pada foto Anda. Tutorial saya sebelumnya di sini dan di sini akan membantu Anda lebih jauh memahami tentang tonal range pada foto. Selanjutnya setelah Anda mengetahui area Shadow, Midtone dan Highlight pada foto; Anda perhatikan karakter masing-masing area tersebutSelanjutnya setelah Anda mengetahui area Shadow, Midtone dan Highlight pada foto; Anda perhatikan karakter masing-masing area tersebut baik karakteristik tone maupun warnanya. Contohnya: apakah di area Shadow benar-benar Dark (hitam) atau lebih terang? Apakah di area Highlight karakter warnanya netral atau mungkin lebih ke warna kuning?

Untuk mengetahui karakter area Shadow, Midtone dan Highlight pada foto dengan menggunakan Adobe Photoshop silahkan lihat video tutorial berikut:

Dari video tutorial di atas kita akan mengetahui karakter dari masing-masing area, lalu dengan menggunakan adjustment seperti Curves atau yang lainnya kita dapat menirukan karakter tersebut pada foto kita. Namun perlu diketahui bahwa hasilnya belum tentu langsung mirip dengan foto yang Anda inginkan.Namun perlu diketahui bahwa hasilnya belum tentu langsung mirip dengan foto yang Anda inginkan. Yang baru kita lakukan adalah menerapkan karakter dasar dari foto lain ke foto kita. Seperti yang sudah dibahas di awal ada 4 faktor utama yang mempengaruhi tampilan dari sebuah foto, yang kita lakukan dengan Photoshop di atas hanyalah salah satu faktor saja, jadi hasilnya belum tentu langsung mirip.

Kesimpulannya: jangan terlalu fokus berusaha mengikuti gaya atau style foto orang lain pada foto karya kita. Cukup tahu bagaimana style atau karakter dasar editing foto tersebut sebagai proses belajar. Kemungkinan untuk mendapatkan foto yang benar-benar mirip cukup sulit karena banyaknya faktor yang mempengaruhi tampilan atau the look dari sebuah foto. Lebih baik fokus untuk membuat style atau tampilan karya Anda sendiri.

  • chefamri

    klu tutorial cs3 buat ganti bacground dan detail rambut ada ga bang Bisma di blog abang ini ?

  • Wahyu Al Hadza

    Bang bisma, kalo buat efek kaca retak gmana ? bs gak dibikinin tutorialnya ?… :)