Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC Dan Masalahnya

cara upload foto di instagram

Instagram saat ini telah berkembang menjadi salah satu media sharing foto terbesar di Internet. Fotografer pun ikut berlomba untuk mendapatkan eksposur untuk karya foto mereka dengan cara upload foto di Instgram. Hal ini memicu munculnya generasi fotografer baru yang tumbuh dan berkembang serta populer dengan memanfaatkan Instagram.

Namun Instagram merupakan sebuah aplikasi berbasis mobile yang didesain untuk dimanfaatkan melalui perangkat tertentu. Hal ini memunculkan masalah bagi fotografer untuk bisa berbagi hasil karya mereka di aplikasi ini. Masalah timbul karena cara upload foto di Instagram fotografer harus melakukannya via perangkat mobile yang mereka miliki. Sedangkan umumnya proses workflow fotografi digital saat ini dilakukan dengan memanfaatkan perangkat PC desktop ataupun laptop. Sehingga fotografer harus memindahkan hasil fotonya dari perangkat PC tersebut ke perangkat mobile untuk bisa upload foto di Instagram. Tentunya lebih memudahkan bila ada cara upload foto di Instagram lewat PC sehingga Anda tidak perlu repot-repot memindahkan file foto ke handphone bukan?

Berikut ini adalah cara upload foto di Instagram lewat PC dengan menggunakan aplikasi browser Chrome dari Google:

Langkah 1:

cara upload foto di instagram

Gunakan aplikasi web browser Google Chrome.

Langkah 2:

cara upload foto di instagram

Klik icon Customize (no 1), pilih menu More tools (no 2) lalu menu Developer tools (no 3).

Langkah 3:

cara upload foto di instagram

Akan muncul consol Developer tools di tampilan Google Chrome. Selanjutnya klik pada icon Toggle Device Toolbar.

Langkah 4:

cara upload foto di instagram

Saat ini Anda berada dalam mode Responsive di Google Chrome.

Langkah 5:

cara upload foto di instagram

Ketik url Instagram seperti biasa maka akan muncul tampilan Instagram seperti pada perangkat handphone. Selanjutnya Anda dapat melakukan langkah upload foto seperti yang biasa di lakukan di handphone. Bila telah selesai jangan lupa klik kembali pada icon Toggle Device Toolbar (Langkah 3) untuk kembali ke tampilan web browser biasa.

Apabila Anda menggunakan browser Firefox Mozilla, Anda bisa juga menggunakan cara yang mirip dengan tutorial di atas. Namun sebelumnya Anda harus menginstal add-on User Agent Switcher. Dengan demikian Anda bisa memilih tampilan seperti pada langkah 3 di penjelasan sebelumnya. Cara lain untuk pengguna PC desktop maupun laptop dengan operating system Windows 10 adalah dengan menggunakan aplikasi resmi Instagram untuk Windows di Windows Store.

Masalah Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC

Dari tutorial tersebut terlihat cukup mudah untuk cara upload foto di Instagram lewat PC bukan? Namun seorang fotografer dengan nama Teilchen di salah satu forum fotografi memperlihatkan adanya perubahan yang cukup signifikan ketika Anda melakukan upload foto di Instagram lewat PC baik desktop maupun laptop dengan cara upload foto lewat handphone. Dia memberikan contoh pada dua foto berikut ini:

Foto yang diupload via PC:

A post shared by @stuttgart.germany on

Foto yang diupload via iPhone:

A post shared by @stuttgart.germany on

Seperti bisa dilihat ada perubahan yang bisa terlihat dengan jelas oleh mata. Perhatikan area gradasi dan saturasi pada objek serta perbedaan tone pada logo di pojok kanan bawah. Tentunya sebagai fotografer Anda ingin hasil karya yang dibuat bisa terlihat konsisten di berbagai media.

Foto kiri via iPhone dan foto kanan via PC

Dengan demikian ketika Anda upload foto di Instagram lewat PC ada baiknya berhati-hati apakah akan terjadi perubahan yang signifikan atau tidak. Pada beberapa kasus perubahan tidak terlalu terlihat, namun pada contoh foto di atas perubahan yang terjadi cukup mengganggu. Lebih jelasnya lagi Anda bisa lihat artikel saya sebelumnya tentang cara mempersiapkan foto untuk upload di Instgram.