Seberapa Cepat Komputer Anda Menjalankan Photoshop?

Aplikasi Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak menyita resource komputer pada saat digunakan. Dari situ webnya Adobe dituliskan minimum requirements untuk menjalankan Photoshop adalah sebagai berikut:

  • Prosesor Intel® Core 2 atau AMD Athlon® 64; dengan kecepatan 2 GHz atau lebih cepat (Windows). Prosesor multicore Intel 64-bit support (macOS).
  • Microsoft Windows 7 Service Pack 1, Windows 8.1, atau Windows 10. MacOS version 10.12 (Sierra), Mac OS X version 10.11 (El Capitan), or Mac OS X version 10.10 (Yosemite)
  • RAM 2 GB atau lebih (rekomendasi 8 GB)
  • Ruang hard disk 4 GB atau lebih untuk instalasi.
  • Monitor resolusi 1024 x 768 (rekomendasi 1280×800) dengan warna 16-bit dan dedicated VRAM 512 MB atau lebih (rekomendasi 2 GB)
  • Sistem yang support OpenGL 2.0

Dari list tersebut terlihat minimum requirements untuk menjalankan Photoshop terhitung standar. Namun buat Anda yang menggunakan komputer dengan spesifikasi tersebut akan merasakan Photoshop akan berjalan semakin lama semakin lambat.

Pada artikel berikut ini saya menyertakan sebuah Photoshop Action yaitu Radial Blur Test Action dari Keith Simonian Photography yang dapat Anda download di bawah ini:

Download Radial Blur Test Action:

download

Dengan Photoshop Action ini Anda dapat melakukan benchmarking atau test kecepatan dari komputer yang digunakan dalam menjalankan Photoshop. Berikut ini cara penggunaannya:

1. Download file foto berikut ini untuk bahan test:

Download image untuk test:

download

Setelah itu buka file foto tersebut di Photoshop.

2. Load Radial Blur Test Action yang sudah Anda download sebelumnya ke Photoshop. Caranya: buka panel Action (menu Windows > Action) kemudian klik pada menu panel pilih Load Action kemudian pilih file Radial Blur Test Action di komputer Anda.

menjalankan photoshop

3. Pilih Timing pada display mode di bagian bawah image. Kemudian catat angka yang tertera saat itu, nantinya waktu yang akan Anda gunakan adalah hasil pengurangan dari waktu yang sudah muncul ini.

menjalankan photoshop

4. Tutup semua aplikasi termasuk web browser yang sedang Anda gunakan ini.

5. Jalankan Action melalui panel Action.

menjalankan photoshop

6. Hasil test adalah angka yang tertera dikurangi angka sebelumnya dari yang Anda lihat pada step 3 di atas.

Anda bisa membandingkan hasil test Anda berdasarkan spesifikasi komputer yang digunakan dengan pengguna lain pada situs web Keith Simonian Photography. Dari beragam hasil test pada halaman tersebut banyak hal menarik yang bisa dilihat. Contoh berikut, komputer dengan prosesor AMD Ryzen 1700 3GHz RAM 16Gb seharga USD 1.530 memiliki performa yang lebih baik dibandingkan komputer MacPro 3GHz RAM 64Gb yang memiliki harga USD 5.660.

  • Dari spek yg disarankan Adobe, yg mana yg tidak perlu terlalu tinggi dinaikkan (dan berapa batasnya)?

    Saya pakai laptop dengan i5 2.5GHz, RAM 8GB, grafik Radeon 7670M (ngga ada data berapa memorinya), Win7 64 bit, masih terasa lambat untuk edit Photoshop dengan banyak layer. Saya cek di Task Manager, Photoshop/Lightroom tidak pernah mengambil RAM lebih dari 1GB. Saya merasa RAM 8GB ini percuma.

    Rencananya saya mau rakit PC (desktop). Hardware mana yg prioritas saya tinggikan speknya, dan hardware mana yg tidak perlu tinggi?

    Misal (saya perlu masukan sejenis ini):
    – Lebih baik pakai SSD + RAM 4GB daripada HD biasa + RAM 8GB (tp ada yg bilang SSD hanya cepat di loading aplikasi saja, pas ngedit sama saja).
    – Tinggikan prosesor (3GHz) dan grafik (8GB), RAM 4GB cukup.

    • Ini berdasarkan pengalaman saya yah (harus dicek lagi secara teknis):
      RAM > 8Gb direkomendasikan karena RAM dipake gak hanya oleh PS tapi juga oleh OS dan aplikasi lain yang terinstall. Contoh lain selain layer yang banyak, proses lain yg makan RAM adalah rendering filter2 tertentu (penggunaan RAM akan naik tapi begitu selesai render akan turun lagi), jumlah font, jumlah dokumen terbuka, size dokumen, 3rd party plugin, proses copy paste dll. Jadi saya rasa RAM 8Gb gak percuma kok. Karena penggunaannya akan naik turun tergantung proses yg terjadi. Nah kalo ada proses yang makan banyak RAM sampai lebih dari 8Gb (yg biasa terjadi kalo saya edit foto dalam jumlah banyak dengan beberapa aplikasi terbuka sekaligus) baru akan lari ke cache di HD. Kalo HD nya pake SSD tentu prosesnya sekarang jadi lebih cepat ketimbang pake hd biasa.

      Saran saya berdasarkan urutan prioritas: RAM besar > CPU cepat > OS terupdate > VGA memory besar > hd cepat > monitor bagus
      Tinggal disesuaikan dengan bujet aja.

      • Rekomendasi secara teknis sih sudah banyak. Rekomendasi berdasar pengalaman pribadi ini yg susah dicari.
        Terima kasih jawabannya, sangat membantu :-)