Cara Mudah Membuat Color Grading Orange Teal di Adobe Lightroom

color grading orange teal

Setelah pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai apa itu color grading, maka pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara mudah membuat color grading orange teal di Lightroom. Color grading ini merupakan salah satu teknik color grading yang populer saat ini dengan menampilkan efek warna orange dan teal pada foto atau film.

Kombinasi antara warna orange dan teal ini sebenarnya merupakan skema warna yang telah populer digunakan pada film-film box office Hollywood.

color grading orange teal
Image by Studio Binder

Selain itu banyak Youtuber seperti Sam Kolder yang juga menggunakan kombinasi warna ini di video-video travelnya yang membuat popularitas dari color grading orange teal ini menjadi semakin populer.

Sebenarnya apa yang membuat color grading orange teal ini menjadi populer dan banyak disukai?

Menggunakan Teori Warna Komplementer

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya mengenai teori warna untuk fotografer, color grading orange teal merupakan salah satu contoh perpaduan warna komplementer. Kedua warna ini posisinya saling berseberangan di dalam color wheel. Ini menandakan paduan warna orange dan teal akan saling mendukung satu sama lain dan menghasilkan kontras warna yang maksimal.

color grading orange teal

Pasangan Serasi Dengan Skintone

Warna skin tone manusia pada dasarnya adalah merah-orange. Berdasarkan teori warna di atas, maka paduan warna yang paling tepat adalah biru-teal. Dengan demikian fotografer atau sinematografer dapat memisahkan subjek dari lingkungan sekitarnya dengan mudah menggunakan color grading orange teal ini.

color grading orange teal

Refleksi Dari Waktu Terbaik

Salah satu yang membuat banyak orang menyukai color grading orange teal atau paduan warna orange dan teal adalah karena merupakan refleksi dari the best time in a day yaitu the golden hour. Pada saat golden hour, sinar matahari yang berwarna keemasan dan hangat berpadu dengan warna biru dan dingin dari langit yang menghasilkan kombinasi warna yang indah.

color grading orange teal

Pada tutorial kali ini saya akan perlihatkan cara mudah membuat color grading orange teal dengan menggunakan Adobe Lightroom. Cara yang sama dapat pula Anda praktekan di Adobe Photoshop dengan menggunakan filter Camera RAW. Hasil dari tutorial dapat dilihat berikut ini:

Pada bagian akhir tutorial saya juga perlihatkan teknik color grading pink cyan yang juga mulai populer terutama untuk foto-foto beauty dan model:

Berikut ini adalah video tutorialnya: