Plugin Nik Collection Untuk Photoshop dan Lightroom dari Google Sekarang Gratis!

plugin nik collection

Saya pribadi pada dasarnya tidak terlalu suka menggunakan plugin atau preset ketika mengedit foto di Photoshop atau Lightroom. Hal ini dikarenakan akan membuat kita selalu tergantung pada plugin tersebut untuk menciptakan style yang kita inginkan. Selain itu, kadang preset atau action hanya bisa bekerja dengan baik pada foto dengan karakter tertentu, tapi tidak pada foto dengan karakter yang berbeda. Walaupun begitu, saya memiliki beberapa plugin yang saya suka dan cukup membantu dalam proses editing diantaranya adalah plugin Nik Collection dari Google.

Hari ini (25 Maret 2016), Google mengumumkan bahwa mereka sekarang meng-gratiskan software plugin Nik Collection ini yang tadinya dihargai sekitar 150USD atau sekitar 2 juta Rupiah. Ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan karena untuk sebuah software plugin dengan kualitas sebaik ini bisa didapat dengan gratis. Anda dapat download aplikasi ini di link yang ada di akhir tulisan ini.

Plugin Nik Collection ini terdiri dari 7 plugin yaitu:

Analog Efex Pro

Plugin untuk mensimulasi efek film analog pada foto. Plugin ini memiliki fitur yang lengkap mulai dari efek classic camera sampai efek toy camera seperti Holga dan Lomo sehingga kita dapat menghasilkan efek film analog yang bagus dengan plugin ini.

Color Efex Pro

Plugin untuk membuat koreksi, retouch dan efek-efek pada foto berwarna. Disetiap plugin Nik Collection biasanya sudah disertakan berbagai preset, di Color Efex Pro Anda bisa mulai dengan mencoba berbagai preset yang ada untuk memberikan efek tertentu pada foto ini. Presetnya lumayan lengkap dan cocok mulai dari untuk model, protrait hingga foto landscape.

Silver Efex Pro

Plugin untuk membuat tonal hitam-putih pada foto. Salah satu plugin yang saya suka untuk membuat foto hitam putih selain dengan menggunakan adjustment hitam putih dari Photoshop langsung. Yang berbeda disini kita bisa menambahkan efek frame dan pada kasus tertentu plugin ini memberikan kita “mood” hitam putih yang unik dengan cepat dibandingkan dengan menggunakan adjustment dari Photoshop.

Viveza

Plugin untuk selective tonal adjustment pada foto. Plugin ini dari awal masih dibuat oleh NikSoftware merupakan plugin yang paling powerful menurut saya. Fungsinya sebenarnya simple sekali, yaitu untuk mengatur tone seperti contrast, brightness dan saturation pada area tertentu. Namun interface yang digunakan sangat intuitif untuk fotografer yang tidak mau ribet dengan seleksi dan masking baik di Photoshop maupun Lightroom.

HDR Efex Pro

Plugin untuk membuat foto HDR (High Dynamic Range) dengan menggabungkan beberapa foto. Selain itu plugin ini juga dapat membuat efek pseudo HDR dengan satu foto. Terdapat beberapa pengaturan yang dapat membuat foto dengan style HDR yang artistik atau untuk style yang lebih natural.

Sharpener Pro

Plugin untuk sharpening foto yang bertujuan untuk membuat detail pada foto menjadi lebih terlihat. Plugin dapat bekerja dengan file RAW untuk menghasilkan sharpening yang optimal.

Dfine

Plugin untuk noise reduction pada foto yang dilengkapi dengan data profile kamera yang digunakan. Plugin ini memiliki auto scanning image di awal, dan out of the box hasilnya sudah cukup baik.

Plugin ini awalnya dikembangkan oleh developer Nik Software sebelum dibeli oleh Google. Proses akuisisi ini pada saat itu cukup membuat heboh dunia fotografi karena merupakan akuisisi pertama Google untuk aplikasi digital image dan membawa ‘harapan baru’ dikalangan dunia fotografi bahwa Google akan memberikan kejutan-kejutan lain di industri ini. Yang saya suka dari aplikasi plugin ini adalah interfacenya yang sangat user friendly dan intuitif dalam proses editing sebuah foto. Sebagian teknologi dan interface dari plugin ini bahkan kemudian “diadopsi” oleh Adobe Photoshop untuk plugin-plugin mereka mulai pada versi Adobe Photoshop CC. Rencananya saya akan followup artikel ini dengan tutorial plugin ini pada tulisan yang akan datang.

Download Nik Collection di halaman berikut ini.