Membuat Foto Dengan Efek Film Horor Dengan Adobe Lightroom

efek film horor

Sudah lama saya tidak membuat tutorial dengan menggunakan Adobe Lightroom, nah kali ini saya akan membuat tutorial membuat efek film horor pada foto menggunakan Lightroom. Pada dasarnya efek ini mencoba mendapatkan mood dari visual dan nuansa yang gelap dan dingin. Walaupun tidak semua efek film horor identik dengan gelap dan dingin namun pada tutorial kali ini fokus saya lebih pada mood yang didapat dari karakter tersebut.

Berikut langkah singkat dalam membuat efek film horor ini:

  1. Untuk mendapatkan dark tone saya rubah foto ke hitam putih di panel B&W. Kemudian untuk memberikan color tone yang dingin, saya memberikan nuansa biru gelap pada bagian shadow di foto menggunakan panel Split Toning.
  2. Untuk kesan dark tone pertama saya membuat vignette hitam dengan menggunakan Radial Filter.
  3. Untuk memberikan dark tone secara keseluruhan gunakan Radial Filter dengan titik pusat pada point of interest dari foto. Karena saya tidak ingin point of interest dari foto menjadi ikut gelap.
  4. Berikutnya untuk memberikan penekanan pada point of interest saya buat lagi Radial Filter untuk meberikan exposure pada area tersebut.
  5. Radial filter terakhir saya gunakan sebagai ekstra steps pada gradasi gelap dari keseluruhan foto sehingga kesan gelap menjadi lebih smooth.
  6. Akan sangat membantu apabila foto yang Anda gunakan sudah memiliki mood yang cocok untuk dibuat sebagai foto dengan efek film horor yang memiliki dark tone seperti ini.

Berikut hasil editing efek film horor dengan Lightroom pada foto:

Berikut ini adalah video tutorial membuat efek film horor dengan Adobe Lightroom :

Photo credits:

  • Ali Inay – https://unsplash.com/inayali
  • Sebastian Unrau – https://unsplash.com/unraw_travelling
  • Luis del Rio – https://www.pexels.com/u/luisdelrio/