Efek foto long exposure dengan Adobe Photoshop

Salah satu teknik fotografi yang kita kenal adalah foto long exposure dimana kita membuka shutter speed dalam waktu yang cukup lama hingga 1,2,3 menit atau bahkan lebih. Karakteristik dari foto long exposure ini adalah adanya motion blur yang terlihat halus karena shutter speed dibuka dalam waktu yang cukup lama. Efek foto long exposure ini bisa kita simulasikan dengan menggunakan filter Motin Blur yang sudah ada di Adobe Photoshop. Hasilnya tidak sampai benar-benar dapat menyamai hasil ketika kita mendapatkannnya dengan menggunakan shutter speed lambat di kamera namun kita bisa mendapatkan hasil yang juga tidak terlalu jelek.

Dalam tutorial kali ini saya akan mencoba memperlihatkan bagaimana kita membuat efek foto long exposure dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Efek ini dapat menghasilkan hasil akhir yang optimal apabila kita menggunakan foto dengan elemen langit dan awan yang cukup dominan. Pada tutorial ini saya akan menggunakan sebuah foto yang merupakan hasil karya dari salah seorang murid saya di kelas Fotografi yaitu mba Shinta Nainggolan:

Efek foto long exposure (before)
Photo by Shinta Nainggolan – http://www.facebook.com/snainggolan

Seperti bisa dilihat foto hanya menampilkan gedung kemudian dengan elemen langit dan awan di bagian atas yang dapat terlihat dengan cukup jelas. Hasil akhir dari tutorial ini saya mencoba mendekati hasil foto long exposure yang dirubah ke foto hitam putih sehingga dapat terlihat lebih dramatis. Hasil akhir dari tutorial ini akan terlihat seperti ini:

Efek foto long exposure (after)

Seperti biasa apabila Anda berkarya dengan menggunakan tutorial ini silahkan share hasil foto Anda dengan mengirimkan link ke foto Anda di bagian comment yah. Terima kasih.

  • Stupied Time

    Nise bisma…tapi saat melakukan content aware pada background yg complek..cara tersebut.,.kurang maksimal..contoh y ak pk gambar in http://chamberstock.deviantart.com/art/Classic-Car-stock-2-209266650 ,,dan ini hasil modifikasi y,,

    • bismafs

      Content aware memang cocok2an…kadang bisa bener2 bagus hasilnya kadang juga meleset dari perkiraan :)