Efek Foto Miniatur Dengan Adobe Photoshop

efek foto miniatur

Efek foto miniatur sebenarnya merupakan penggabungan dari teknik atau efek foto tilt shift dan compositing images. Kedua hal ini telah pernah dibahas sebelumnya dalam tulisan-tulisan di Fotografidesain namun kali ini saya coba bahas secara sederhana mengenai konsep dasar dari efek foto miniatur dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Ciri khas dari efek foto miniatur adalah adanya depth of field (DoF) yang sempit. Efek depth of field yang sempit ini sebenarnya merupakan simulasi dari efek yang dihasilkan oleh lensa tilt shift pada foto. Dengan merubah posisi lensa (tilting dan shifting) maka kita dapat merubah focal plane dari sebuah foto sehingga menimbulkan efek tilt shift tersebut. Berikut ini adalah contoh lensa tilt shift pada kamera, perhatikan bagaimana lensa bisa shifting ke kiri:

Zenza Bronica Zenzanon EII 75mm f/2.8 DIY Tilt/Shift lens on Canon EOS 7D

Untuk itu Anda harus mencari materi foto background yang memperlihatkan depth of field yang sempit. Namun apabila Anda tidak menemukan foto seperti itu atau hendak menggunakan foto sendiri, Anda bisa mensimulasikan efek depth of field dengan menggunakan Filter Tilt Shift yang ada di Blur Gallery. Lebih lanjut tentang filter Tilt Shift ini bisa dilihat di tulisan saya sebelumnya.

Berikutnya apabila Anda ingin menggabungkan beberapa foto dalam efek foto miniatur ini, maka Anda harus memperhatikan prinsip compositing images. Prinsip dasar ini bisa Anda baca lagi di sini, singkatnya foto-foto yang digabungkan harus memiliki perspektif dan quality of light yang konsisten. Dengan demikian hasil dari penggabungan foto-foto tersebut akan menghasilkan efek foto miniatur yang baik.

Kemudian hal terakhir yang bisa membuat efek foto miniatur yang baik adalah pemilihan color grading yang tepat. Umumnya efek foto miniatur menggunakan pilihan warna yang memiliki saturasi tinggi untuk menghasilkan efek foto artificial atau “plasticky” sehingga memberikan kesan seperti mainan. Efek warna seperti ini dapat dengan mudah dilakukan di Photoshop dengan menaikkan saturasi di menu Image Adjustment > Hue/Saturation atau Vibrance di menu Image Adjustment > Vibrance. Tentunya pemilihan color grading ini tidak harus selalu menggunakan saturasi tinggi namun lebih ke preferensi Anda sebagai editor.

Untuk tutorial ini Anda bisa download file PSD serta 10 background images yang bisa Anda gunakan dalam membuat composit untuk efek foto miniatur Anda:

efek foto miniatur

Download file PSD dan background images: