Efek Multiple Exposures Dengan Adobe Photoshop part.2

Efek multiple exposures dengan Adobe Photoshop

Tutorial kali ini terinspirasi dari video tutorial saya sebelumnya di sini mengenai teknik atau efek multiple exposure dengan Adobe Photoshop. Teknik ini yang juga dikenal sebagai teknik double exposure mensimulasi beberapa exposure pada satu frame yang sama dalam fotografi. Untuk tutorial ini saya mencoba menggabungkan beberapa foto yang menurut saya biasa saja. Tiga buah foto saya gunakan dalam tutorial kali ini yang merupakan foto yang saya ambil dari sebuah kolong atau under pass jalan di Jakarta. Ketiga foto tersebut buat saya tidak terlalu memperlihatkan crowded dan ketidakaturan di Jakarta. Kemudian saya berpikir untuk bisa fokus pada visualisasi kekacauan atau chaos dengan menggabungkan 3 foto ini sekaligus. Cara yang saya pikirkan untuk menggabungkan tiga foto ini adalah dengan menggunakan efek multiple exposures dengan Adobe Photoshop.

Selanjutnya dengan memilih layer blending mode yang pas pada masing-masing foto saya dapat menghasilkan visualisasi yang saya inginkan dari 3 foto tersebut. Layer blending mode merupakan cara bagaimana pixel pada satau layer berinteraksi dengan pixel pada layer lainnya. Hal ini akan sangat terpengaruh oleh foto pada masing-masing layer tersebut. Pada tutorial ini layer blending mode yang saya pilih bisa jadi tidak pas dengan foto yang Anda gunakan. Untuk itu Anda bisa bereksperimen dengan mencoba masing-masing layer blending mode yang pas sesuai dengan foto maupun visualisasi yang Anda inginkan.

Berikut adalah 3 foto yang saya gunakan:

Dengan menggunakan teknik efek multiple exposures dengan Adobe Photoshop pada tutorial kali ini saya menggabungkan 3 foto tersebut menjadi seperti berikut ini:

Efek Multiple Exposures Dengan Adobe PhotoshopBerikut ini adalah tutorial efek multiple exposures dengan Adobe Photoshop: