Membuat Efek Sunset Sunrise dan Teknik Light Wrap Dengan Adobe Photoshop

Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana membuat efek sunset atau sunrise pada foto dengan Adobe Photoshop. Tutorial ini saya bagi dalam 3 bagian yang tidak hanya membahas bagaimana membuat efek sunset atau sunrise tapi juga compositing dan color matching. Karena pembahasan yang lumayan panjang maka video tutorial kali ini juga lebih panjang dari biasanya, namun bila Anda mengikuti dengan baik tutorial ini maka Anda tidak hanya belajar bagaimana membuat lighting di Photoshop tapi juga compositing dan color matching.

Berikut adalah 3 bagian utama dalam tutorial ini:

1. Efek Sunset / Sunrise

Dalam bagian ini saya memperlihatkan bagaimana membuat efek cahaya yang biasa terjadi pada saat sunset maupun sunrise. Dalam bagian ini saya mencoba membuatnya dalam bentuk yang lebih simple dengan menggunakan Gradient tool di Adobe Photoshop. Preset Gradient dalam tutorial ini bisa Anda langsung buat di Photoshop atau download file preset berikut yang dapat Anda Load di Photoshop. Download file:

2. Compositing & Light Wrap

Sebenarnya hanya dengan satu langkah di atas tutorial ini sudah cukup untuk membuat efek sunset atau sunrise. Namun untuk melengkapi tutorial ini saya tambahkan bagaimana saya melakukan compositing dengan menggabungkan foto model ke dalam foto sunset sebelumnya. Biasanya apabila kita memotret dalam kondisi backlight akan terjadi efek rim light atau halo effect pada subjek. Pada bagian ini saya perlihatkan teknik membuat light wrap atau rim light ini yang biasanya digunakan di video production pada saat melakukan compositing.

Berikut adalah contoh rim light / light wrap / light spills / hallo effect pada foto yang biasa terjadi pada kondisi back light (perhatikan garis cahaya di sekeliling badan orang tersebut):

Mar de nubes

3. Color Matching

Bagian terakhir dari tutorial ini saya memperlihatkan cara melakukan color matching antara satu foto dengan foto backgroundnya. Teknik ini merupakan variasi dari teknik yang saya pernah jelaskan di tutorial sebelumnya.

Untuk tutorial kali ini saya menggunakan foto berikut dari Gabriel Santiago:

efek sunset

dan foto model untuk composit dari foto berikut oleh Xianaooo:

efek sunset

Dan ini adalah hasilnya:

Berikut ini adalah beberapa contoh foto lain dengan teknik yang saya jelaskan pada tutorial ini:

Dan ini adalah tutorialnya:

Photo credits: