Fitur Baru di Photoshop CC 2018 Yang Perlu Diketahui Fotografer

fitur baru di photoshop

Bersamaa dengan penyelenggaraan Adobe Max 2017, Adobe memperkenalkan pembaruan terbaru dari paket aplikasi Adobe Creative Cloud. Salah satu yang mendapat pembaruan adalah aplikasi Adobe Photoshop CC. Fitur baru tersebut ditujukan untuk membuat pekerjaan menggunakan Adobe Photoshop menjadi lebih efisien dan efektif. Selain memberikan fitur-fitur baru Adobe juga meningkatkan performa dari fitur-fitur lama yang sudah ada sebelumnya.

Dari sekian banyak fitur tersebut ada beberapa fitur baru dan pembaruan yang signifikan untuk fotografer maupun retoucher foto. Pada tulisan kali ini saya akan membahas 6 fitur baru di Photoshop CC 2018 yang perlu diketahui oleh fotografer.

1.  Select & Mask

Fitur ini sebenarnya bukanlah fitur baru di Photoshop karena sudah tersedia pada Photoshop versi sebelumnya. Fitur Select & Mask biasanya digunakan untuk melakukan seleksi pada area yang cukup rumit seperti pada area rambut. Di Photoshop CC 2018, Adobe melakukan udpate algoritma pada fitur ini sehingga proses seleksi dan masking menjadi lebih akurat dan lebih efisien dibandingkan pada versi sebelumnya. Untuk penggunaannya serta interfacenya, fitur Select & Mask tidak berbeda dengan versi sebelumnya.

2. Range Mask

Fitur ini merupakan fitur yang juga dapat Anda temui di Adobe LIghtroom CC dan Classic CC yang diumumkan berbarengan dengan Photoshop CC 2018.  Di Photoshop, fitur ini dapat Anda akses melalui Adobe Camera RAW (via menu Filter). Dengan menggunakan fitur ini Anda dapat melakukan proses masking dengan lebih mudah menggunakan panduan warna dan luminance pada area foto sebagai patokannya.

3. Preserve Detail 2.0

Sering kali sebagai fotografer kita berada dalam kondisi tidak ideal yang mengharuskan kita melakukan upscale image (merubah ukuran dimensi gambar menjadi lebih besar). Yang sering terjadi ketika kita merubah ukuran image menjadi lebih besar, foto kehilangan detail yang sebelumnya ada. Fitur baru di Photoshop CC 2018 terdapat metode resize image baru yaitu Preserve Detail 2.0 yang akan mencoba mempertahankan detail pada image ketika image dibuat menjadi lebih besar. Yang menarik fitur ini memanfaatkan teknologi baru yaitu deep machine learning atau Artificial Intellegence.

4. Copy Layer

Fitur ini mungkin merupakan fitur baru di Photoshop CC 2018 yang paling sederhana namun akan paling sering digunakan ketika melakukan compositing dan kerja layer. Pada versi Photoshop sebelumnya Anda harus membuat seleksi dulu pada layer untuk melakukan proses Copy. Sekarang di versi terbaru Anda tidak perlu lagi melakukan seleksi pada layer untuk melakukan proses Copy. Cukup memilih layer lalu akses Copy (Ctrl + C) dan Paster (Ctrl + V) seperti umumnya di aplikasi lain.

5. Brush Smoothing

Sektor Brush banyak mengalami pembaruan di versi Photoshop CC 2018 kali ini.  Tool yang sering kali fotografer gunakan untuk melakukan editing, masking hingga dodging dan burning ini mendapatkan tambahan fitur Smoothing. Fitur ini bisa diakses di Option Bar (di bawah Menu Bar) ketika Brush tool dalam keadaan aktif.  Dengan adanya fitur ini, Anda sekarang dapat melakukan proses brushing dengan lebih akurat yang sebelumnya sulit dilakukan dengan menggunakan mouse.

6. Support Image 360

Saat ini telah banyak tersedia kamera yang dapat melakukan proses perekaman gambar dalam format 360. Sekarang Photoshop telah support file gambar dengan format 360 ini. Selanjutnya Anda dapat melakukan proses editing dan retouch yang biasa dilakukan pada image normal.

Demikian 6 fitur baru di Photoshop CC 2018 dari sekian banyak fitur baru lainnya yang saya rasa penting untuk diketahui dan kemudian dikuasai oleh fotografer dan retoucher. Selain 6 fitur di atas juga ada beberapa fitur menarik lain seperti Curvature Pen (diadaptasi dari tool di Adobe Illustrator) dan Variabel Fonts. Untuk keterangan lengkap mengenai hal-hal baru apa saja yang terdapat di Photoshop CC 2018 bisa di lihat di halaman ini.

Anda bisa mencoba Adobe Photoshop CC 2018 dengan mendownload di sini.