Fitur Face Aware Liquify di Adobe Photoshop CC 2015.5

Apabila Anda mengikuti tulisan saya sebelumnya mengenai rilis Adobe Photoshop terbaru versi 2015.5, maka Anda mengetahui ada banyak update fitur baru di versi tersebut. Salah satu dari fitur baru tersebut yang menarik adalah fitur Face Aware Liquify atau ada juga yang menyebutnya sebagai Face Warp atau Face Tool.

Fitur Face Aware Liquify ini adalah merupakan tambahan fitur baru di dalam filter Liquify yang sudah ada sejak Photoshop versi sebelumnya. Filter Liquify merupakan salah satu tool favorit yang banyak digunakan oleh editor maupun retoucher untuk melakukan manipulasi pixel. Contohnya untuk merubah bentuk tubuh maupun elemen pada wajah.

Sebelum ada fitur Face Aware Liquify ini apabila kita hendak melakukan retouch maka kita menggunakan tool yang ada di filter Liquify, contohnya tool Forward Warp. Dengan tool tersebut kemudian dilakukan brushing secara manual pada area yang hendak kita edit. Namun dengan adanya fitur Face Aware Liquify ini, Photoshop dapat melakukan deteksi secara otomatis apabila ada wajah atau muka di dalam foto atau image yang kita berikan filter Liquify ini.

Cara edit dengan fitur Face Aware Liquify ini bisa dilakukan dalam 2 cara. Cara pertama adalah dengan menggeser slider yang ada. Apabila Photoshop mendeteksi adanya wajah dalam foto, maka fitur Face Aware Liquify akan membagi wajah tersebut dalam 4 elemen yaitu: mata, hidung, mulut dan bantuk wajah (face shape). Masing-masing dari elemen ini akan memiliki slider-slider yang bisa Anda geser untuk membuat editing bentuk yang Anda inginkan.

Cara kedua merupakan cara yang lebih intuitif yaitu dengan melakukan editing langsung pada editing points yang ada pada foto atau image. Dengan menggeser titik-titik (point) yang ada pada foto atau image maka Anda bisa membentuk 4 elemen wajah tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pada contoh berikut ini, tool Face Aware Liquify digunakan untuk melakukan editing pada wajah sehingga bisa terlihat lebih menarik:

Apabila Anda melakukan perubahan secara ekstrem makan Anda dapat membuat efek kartun atau karikatur pada wajah seseorang seperti pada contoh berikut ini:

Lebih lanjut mengenai fitur Face Aware Liquify ini dapat Anda simak pada video tutorial berikut ini:

  • Tofan Trisno Sejati

    *nanti d coba (^_^)