5 Hal Dalam Foto Ulang Tahun Ratu Inggris Oleh Annie Leibovitz Yang Menjadi Perbincangan Fotografer Seluruh Dunia

annie leibovitz

Dalam dunia fotografi siapa yang tidak kenal dengan nama Annie Leibovitz. Karya fotografer dari Amerika ini sangat terkenal dan menghiasi banyak publikasi terkenal di seluruh dunia. Salah satu foto yang populer adalah foto John Lennon bersama Yoko Ono yang menjadi sampul majalah Rolling Stone edisi Januari 1981, dibuat hanya 5 jam sebelum John Lennon ditembak mati.

Dengan segudang pengalaman selama bertahun-tahun tentunya karya karya foto dari Annie Leibovitz akan selalu memberikan kualitas yang di atas rata-rata. Secara pribadi saya sendiri sangat menyukai karya-karya dari Annie Leibovitz yang walaupun komersil namun memiliki unsur rasa jurnalis/reportase yang kental ala Robert Frank dan Bresson.

Baru-baru ini ratu Elizabeth dari Inggris merayakan hari ulang tahunnya yang ke 90. Pada kesempatan ini Annie Leibovitz diminta untuk melakukan pemotretan untuk memperingati hari perayaan ini. Sebenarnya ini bukan hal baru bagi Annie karena dia sudah pernah memotret ratu Elizabeth pada perayaan ulang tahun beberapa tahun sebelumnya. Dan ini adalah hasil fotonya:

annie leibovitz
Photograph: Annie Leibovitz/Getty Images

Foto ini kemudian berkembang menjadi bahan pembicaraan di kalangan fotografer di forum-forum fotografi Internet. Banyak yang mengatakan Annie mengabaikan beberapa hal yang “janggal” untuk sebuah foto grup di atas. Tahukah Anda hal apa yang menjadi pembicaraan tersebut?

  1. Perhatikan anak yang berdiri paling kanan, dia tampak melayang hal ini menunjukkan bahwa anak tersebut difoto dengan angle yang berbeda dengan yang lain.
  2. Beberapa anak tidak melihat ke arah kamera. Banyak yang bilang karena mereka anak kecil jadi sulit untuk meminta mereka melihat ke arah kamera, namun banyak juga yang bilang untuk jumlah anak seperti di foto tidak sulit untuk mendapatkan satu frame dimana semua orang melihat ke arah kamera.
  3. Refleksi di kaca belakang yang tampak seperti hasil clone, mungkin untuk menghilangkan bayangan perlengkapan lampu dan lighting yang berubah-ubah.
  4. Anak yang berdiri dibelakang kursi di tengah sepertinya tidak memiliki kaki.
  5. Berbagai inkonsistensi tone pada foto.

Dari kejanggalan-kejanggalan di atas muncul spekulasi bahwa foto ini pertama adalah foto composite (penggabungan dari beberapa foto). Tampaknya setiap anak difoto sendiri-sendiri kemudian digabungkan menjadi satu dalam foto ini. Kedua, post processing dari foto ini tidak optimal untuk hasil foto sekelas Annie Leibovitz.

Untuk masalah composit saya rasa tidak masalah. Banyak fotografer yang melakukan hal ini untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal. Tapi mungkin dalam kasus foto ini, eksekusi yang dilakukan tidak dilakukan dengan cukup baik. Kalo dari awal akan melakukan composit, apa sulitnya mendapatkan satu frame dari tiap anak dimana mereka melihat ke arah kamera. Kemudian masalah anak yang terlihat melayang merupakan kesalahan cukup mendasar dalam composit seperti yang saya tulis di tulisan ini.

Secara keseluruhan ini mungkin bukan karya terbaik dari Annie, mungkin karena berurusan dengan protokoler kerajaan maka harus ada kompromi yang dilakukan agar dapat menghasilkan foto yang diinginkan oleh client dalam hal ini seorang ratu Inggris. Untuk foto lengkapnya Anda bisa lihat di web The Guardian.