Cara Mudah Membuat Foto Efek Cinematic Dengan Photoshop

tutorial foto efek cinematic photoshop

Efek cinematic atau cinematic photography adalah cara untuk membuat sebuah still photo menjadi terlihat sebagai sebuah scene atau adegan yang diambil dari film. Untuk membuat sebuah foto memiliki karakteristik seperti film tentunya ada 2 proses yang harus dilakukan yaitu:

Proses Fotografi

Dalam membuat foto maka fotografer harus mempersiapkan hal-hal seperti setup lighting dan perlengkapan serta peralatan kamera foto yang tepat sesuai dengan karakter film yang diinginkan. Hal ini dilakukan karena dalam proses pengambilan gambar pada saat shooting film memiliki karakter ambience dan atmosphere yang berbeda dengan pengambilan still photo.

Post Processing efek cinematic

Dalam proses ini, kita dapat menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop atau Lightroom untuk memperkuat karakteristik dari efek cinematic yang diinginkan.

Pada tutorial kali ini saya akan fokus pada tahap post processing dengan memperlihatkan rangkaian tutorial yang basic dan mudah untuk membuat foto efek cinematic dengan Photoshop. Secara umum langkah yang dilakukan adalah:

  1. Color grading dengan membuat color dan light tone yang umum dilihat pada film-film. Sebenarnya banyak variasi tone yang digunakan untuk color grading film-film yang ada. Pada tutorial ini saya akan lebih fokus ke kombinasi pale Red – deep Cyan yang merupakan variasi dari tone yang populer yaitu Orange-Teal.
  2. Membuat global tone adjustment untuk membuat foto lebih kontras dan dramatis.
  3. Menambahkan noise untuk mengurangi “digital look” pada foto sehingga lebih berkesan sebagai image dari film seluloid.
  4. Memberikan Letterbox untuk membuat foto memiliki aspect ratio 2.4:1 yang merupakan aspect ratio cinema yang umum.
  5. Memberikan sentuhan akhir berupa vignette yang kembali bertujuan untuk mengurangi kesan”digital look” pada foto.

Anda bisa mendownload file paket tutorial yang terdiri dari:

  • File contoh PSD yang sudah selesai sesuai dengan contoh pada tutorial ini.
  • File preset Gradient yang digunakan pada tutorial.
  • File Photoshop Action Cinemo v.1 yang merupakan file Photoshop Action dari langkah-langkah yang ada pada tutorial ini. Jadi bila Anda ingin hasil yang lebih cepat Anda bisa jalankan Photoshop Action ini langsung pada foto Anda untuk mendapatkan efek cinematic tanpa harus menjalankan langkah-langkah yang saya jelaskan dalam tutorial ini.

Download file paket tutorial:

Berikut ini adalah tutorial cara mudah membuat foto efek cinematic dengan Photoshop: