Memahami Histogram di Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom

Memahami histogram di Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom

Histogram merupakan salah satu fitur yang tersedia baik di aplikasi Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Histogram sendiri merupakan representasi grafik dgelap terang (tonal range) dari foto atau gambar yang sedang kita buka di aplikasi tersebut. Bagi seorang editor, retoucher foto maupun fotografer; penting sekali untuk bisa membaca dan memahami grafik histogram ini. Dengan memahami histogram di Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom maka kita akan dapat dengam mudah menjaga kualitas visual foto maupun hasil retouch secara maksimal.

Histogram sendiri selain bisa kita munculkan di aplikasi Adobe Photoshop maupun Lightroom, juga dapat kita temui sebagai display menu option di sebagian besar kamera DSLR. Silahkan Anda browse menu kamera Anda untuk memunculkan grafik histogram dari foto yang Anda lihat di kamera. Saya selalu menyampaikan jangan terlalu mengandalkan display LCD yang ada di kamera ketika kita menilai foto. Pengaruh cahaya di lingkungan dan resolusi yang tidak terlalu tinggi mengakibatkan faktor-faktor negatif dari foto (seperti blur, tidak fokus, dll) menjadi tidak terlihat di display LCD tersebut. Cara yang terbaik adalah dengan memunculkan grafik histogram sehingga Anda dapat dengan mudah menilai hasil foto tersebut.

Hampir sama dengan di kamera, maka histogram di aplikasi juga merupakan tool yang powerful untuk menilai foto yang sedang kita buka di aplikasi tersebut. Histogram dapat dengan cepat dan cukup akurat untuk memperlihatkan seandainya terjadi clipping pada tone yang dapat menyebabkan terjadinya under exposure maupun over exposure. Apabila hal tersebut terjadi maka kita akan kehilangan detail pada foto kita apakah itu di area shadow maupun di area highlight. Secara visual kita akan kesulitan untuk dapat melihat area over dan under exposure tersebut karena keterbatasan monitor yang digunakan. Namun apabila menggunakan histogram maka hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan.

Video ini merupakan bagian pertama yang secara khusus membahas mengenai histogram dan tonal area dalam foto atau image. Video ini saya buat dalam durasi yang cukup panjang dan padat mengingat histogram adalah skill atau pengetahuan yang wajib dipahami oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia fotografi digital. Setelah Anda melihat video ini sampai selesai dan memahami apa itu histogram maka Anda akan mempunya bekal yang sangat penting untuk membuat sebuah karya visual digital. Selanjutnya Anda bisa melihat pada video berikutnya yang sedang saya siapkan mengenai image adjustment Curves. Pemahaman tentang histogram yang baik akan semakin memudahkan Anda dalam mengetahui tentang Curves ini di Photoshop.