Memahami Jenis-Jenis Memory Card Pada Kamera Digital

Memory card merupakan salah satu komponen penting dalam fotografi digital yang sering kali diabaikan oleh fotografer. Memory card berfungsi untuk menampung seleuruh hasil pekerjaan kita sebagai fotografer, karena itu penting untuk kita memahami jenis-jenis memory card pada kamera digital baik itu format, kecepatan dan fungsinya.

Format Memory Card

Saat ini ada dua jenis format yang paling umum digunakan di kamera digital yaitu format  Secure Digital (SD) Card dan Compact Flash (CF) Card.

CF Card

Jenis CF ini merupakan jenis memory card yang lebih dulu ada sebelum jenis SD Card. Saat ini pemakaiannya hanya terbatas pada kamera-kamera pro tipe hi-end. Ada dua jenis CF Card yaitu CF Card Type I dan CF Card Type II.

CF Card Type I

Merupakan jenis CF Card yang dapat digunakan disemua kamera digital dengan slot memory card untuk tipe CF. Secara fisik card Type I memiliki ketebalan sekitar 1mm dan saat ini sudah banyak kamera yang support teknologi UDMA interface yang memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih baik.

Untuk kapasitas CF Card menawarkan berbagai kapasitas yang beragam. Pada tahun 2014, pabrikan SanDisk merilis CF Card dengan kapasitas hingga 256Gb.

CF Card Type II

Memory card ini secara fisik lebih tebal yaitu 5mm dan sudah tidak lagi disupport oleh pabrikan kamera digital yang ada sekarang.

SD Card

Jenis memory card ini merupakan jenis yang paling umum digunakan oleh berbagai jenis kamera digital yang ada sekarang kecuali untuk kamera digital pro hi-end yang masih banyak menggunakan jenis CF Card. Walaupun secara bentuk fisik terlihat sama, namun saat ini ada 3 jenis SD Card yaitu:

SD Card standard.

Merupakan jenis yang paling lama dan bisa digunakan disemua kamera digital dengan slot memory card jenis SD Card. Kapasitas maksimum dari memory card ini hanya bisa sampai 2Gb. Karena itu saat ini sudah jarang ada memory card jenis ini yang beredar di pasaran.

SDHC (Secure Digital High Capacity) Card.

Merupakan jenis memory card yang lebih baru dan hanya dapat digunakan pada kamera digital yang sudah support memory card jenis ini. Kapasitas maksimum memory card jenis ini dapat mencapai hingga 32Gb dengan support teknologi interface UHS-I hingga Class 10. Hampir semua kamera digital yang beredar sekarang telah support jenis memory card ini.

SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) Card.

Jenis memory card yang masih baru dan hanya dapat digunakan pada kamera digital yang sudah support memory card dengan jenis ini. Kapasitas memory card ini sangat besar mulai dari 64Gb hingga secara teori dapat mencapai 2Tb. Umumnya kamera yang diproduksi sejak tahun 2010 sudah support memory card jenis ini.

XQD Card.

Jenis memory card terbaru yang memungkinkan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar dengan kecepatan yang lebih baik. Kapasitasnya dapat mencapai hingga 2Tb dengan kecepatan transfer data hingga 125-500Gb per detik. Namun saat ini baru Nikon D4 yang mendukung teknologi memory card ini.

Kecepatan Memory Card

Memory card dengan kecepatan transfer data yang tinggi memungkinkan Anda untuk shoot dalam mode drive/burst lebih lama. Kecepatan transfer data terutama berpengaruh pada saat shooting video yang banyak dilakukan oleh fotografer karena hampir semua kamera saat ini telah memiliki fitur untuk dapat merekam video.

Kecepatan transfer data yang baik penting karena pada saat merekam video kamera harus melakukan proses rekam data ke memory card secara real time. Karena itu ada pembagian kecepatan transfer data yang dikenal sebagai Class pada SD Card dan VPG pada CF Card. Untuk merekam full HD video dengan resolusi 1920 x 1080 dibutuhkan kecepatan transfer data yang konstan minimal sebesar 10Mb/second. Sedangkan pada resolusi video 4K yang terbaru dibutuhkan kecepatan transfer data minimal 30Mb/second.

Berikut jenis memory card dengan kecepatan transfer data untuk shooting video:

  • SD Card Class 10 – 10Mb/s
  • SD Card UHS-1 – 10Mb/s
  • SD Card UHS-3 – 30Mb/s
  • CF Card VPG 20 – 20 Mb/s
  • CF Card VPG 65 – 65 Mb/s
jenis memory card
Klik pada gambar untuk ukuran lebih besar.

Photo credit: SanDisk Extreme IV 8GB Compact Flash Card by William Hook is licensed under Attribution-ShareAlike 2.0 Generic (CC BY-SA 2.0).