Kamera Hasselblad Baru Mirrorless?

Perusahaan produsen kamera yang terkenal dengan kamera high end dengan format besar dari Swedia: Hasselblad baru saja mengumumkan akan merilis kamera Hasselblad baru mereka minggu depan. Hasseblad mengkalim kamera ini sebagai “game changer in the world of photography”, sebuah pernyataan yang tentu bukan main-main dan menjadis sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku dunia fotografi.

Detail mengenai jenis kamera yang akan dirilis oleh Hasselblad masih misteri. Namun dari teaser image yang diberikan oleh perusahaan ini terlihat bagian “tonjolan” di atas kamera yang biasanya ditempati oleh pentaprisma pada kamera SLR, di image ini terlihat relatif kecil. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa jenis kamera yang akan dirilis merupakan jenis kamera mirrorless. Kemungkinan kamera HasselbladĀ mirrorless tersebut akan berupa jenis high end yang ditujukan untuk pasar enthusiast dan semi-pro. Isu yang berkembang kamera mirrorless Hasselblad ini akan menggunakan M mount dengan sensor CCD.

kamera hasselblad

Apabila spekulasi ini benar, maka ini merupakan percobaan kedua kamera Hasselblad dalam memproduksi kamera “baru” untuk menyasar target pasar lain dari target pasar mereka sebelumnya yang lebih ke pasar high end medium format. Sebelumnya Hasselblad pernah mencoba menjual kamera luxury yang merupakan derivatif dari kamera Sony namun bisa dikatakan hasilnya tidak terlalu bagus.

kamera hasselblad
Kamera Hasselblad Sony

Strategi kamera Hasselblad (apabila benar) dengan mengeluarkan kamera jenis mirrorless tentu akan semakin membuat industri kamera menjadi semakin beragam. Hasselblad tampak ingin mengembangkan produk mereka ke pasar yang berbeda. Hal ini menjadi strategi yang umum dilakukan oleh pemegang brand-brand high end sebelumnya seperti Leica via Panasonic yang mencoba menjangkau pasar diluar pasar high end dimana pasar ini lebih aktif dan “gemuk” dibandingkan pasar high end yang semakin menyusut.

Fakta ini semakian menguatkan prediksi tentang semakin menguatnya pangsa kamera mirrorless untuk kamera digital consumer dan memberi tekanan besar untuk pemilik brand yang masih bertahan dengan kamera tipe SLR. Trend ini akan tetap berlangsung karena saat ini masih belum tercapai titik seimbang antara kamera mirrorless dan SLR.

Peluncuran kamera baru dari Hasselblad ini akan dilangsungkan secara Live pada hari Rabu 22 Juni jam 19.00 WIB yang bisa Anda ikuti di channel YouTube mereka:

UPDATE:

Kamera dari Hasselblad ini dinamakan X1D dan merupakan kamera mirrorless medium format pertama di dunia. Kamera ini memiliki resolusi sensor 50Mpx dan ditawarkan dengan 8.955 USD. Selain itu Hasselblad juga merilis dua lensa untuk kamera ini:

  • Hasselblad XCD 45mm/f3.5 (USD 2.295)
  • Hasselblad XCD 90mm/f3.2 (USD 2.695)

Berikut image dari kamera Hasselblad X1D dan lensa XCD:

kamera hasselblad