Lensa Cina Laowa 105mm f/2. Lensa Untuk Para Penggemar Bokeh

Strategi ekonomi Cina dalam dekade terakhir telah membuat mereka mampu memproduksi produk-produk yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan akan dibuat di negara mereka. Salah satunya adalah lensa kamera fotografi. Setelah sebelumnya merek YongNuo yang terkenal dengan produk flash memproduksi rangkaian lensa AF dengan aperture besar yang cukup membuat gaduh di dunia fotografi, berikutnya muncul lagi produsen lensa Cina dengan nama Venus Lens. Yang menarik dari lensa yang dibuat oleh produsen ini adalah lensa dengan nama Laowa yang memiliki focal length 105mm dengan maximal aperture di f/2.

lensa cinaApa yang istimewa dari lensa Cina full frame manual ini? Venus Lens mengklaim bahwa lensa ini dapat menghasilkan bokeh yang lebih smooth atau creamy dibandingkan lensa lainnya sehingga mereka menyebutnya sebagai lensa “The Bokeh Dreamer”. Hal ini dikarenakan adanya elemen yang dinamakan “apodization element” di dalam lensa yang berfungsi untuk menghasilkan bokeh yang creamy dan smooth tanpa mengurangi ketajaman dari lensa itu sendiri.

lensa cina

Lensa ini didesain dengan memiliki 2 mekanisme diafragma terpisah yang dapat dikontrol oleh penggunanya. Yang pertama adalah diafragma dengan aperture berjumlah 14 blades step-less yang menghasilkan bentuk bulat sempurna untuk mengontrol bokeh dari foto. Mekanisme diafragma ini bekerja dengan “apodization element” untuk menghasilkan bokeh yang diinginkan oleh fotografer. Mekanisme diafragma yang kedua adalah diafragma yang umumnya ada pada lensa,  dengan aperture berjumlah 8 blades yang menentukan f-number efektif dari lensa dan besarnya ruang Depth of Field. Berikut beberapa contoh hasil foto dengan lensa ini:

lensa cina

lensa cina

lensa cina

lensa cina

lensa cina

Lensa Laowa 105mm f/2 dengan body terbuat dari metal ini dijadwalkan akan dijual mulai April 2016 dan tersedia untuk mounting Nikon F, Canon EF, Sony Alpha, Pentax K, dan Sony FE dengan harga USD 699-719. Sekedar informasi, Sony juga memiliki lensa dengan “apodization element” seperti ini yaitu lensa fokus manual Sony STF 135mm f/2.8 dengan harga USD 1400. Dengan mekanisme cara kerja yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama yaitu untuk menghasilkan bokeh yang smooth, Nikon juga memiliki lensa AF Nikkor 105mm f/2.8DC dengan harga USD 1200.