Menggunakan LUT untuk Color Grading di Photoshop

color grading di photoshop

File LUT atau lookup table merupakan file mirip preset yang digunakan oleh video editor atau film colorist untuk melakukan color grading pada video atau film. File ini LUT ini digunakan pada aplikasi video editor seperti Adobe Premiere dan Davinci Resolve oleh colorist untuk menghasilkan efek dan mood tertentu pada film tersebut.

Pada tutorial kali saya akan membahas bagaimana menggunakan file LUT ini untuk color grading di Photoshop. Anda dapat pula melihat tutorial saya sebelumnya mengenai cara melakukan image toning di Photoshop CS6.

Lookup table dalam bahasa yang sederhana merupakan informasi mengenai kumpulan data yang menggantikan kumpulan data lainnya. Dalam dunia film dan digital image, LUT digunakan untuk menentukan bagaimana warna dan nilai intensitasnya dari suatu image ditampilkan menjadi warna dan nilai intensitas tertentu yang berbeda.

Awalnya LUT ini digunakan untuk membuat sebuah image tampil konsisten pada berbagai media display yang memiliki karakteristik warna dan intensitas yang berbeda-beda. Sebagai contoh monitor dan slide projector akan menampilkan sebuah image dalam warna dan intensitas yang berbeda. Dengan menggunakan file LUT sesuai dengan media display yang digunakan, maka image bisa ditampilkan secara konsisten (sama) pada dua media tersebut. File LUT seperti ini dikenal sebagai Callibration LUT.

Selain itu LUT juga digunakan untuk menentukan perubahan informasi warna yang terjadi ketika image mengalami perubahan format standar. Contohnya ketika color space dari sebuah image dirubah menjadi color space dalam format yang berbeda. Dengan menggunakan file LUT maka walaupun terjadi berubahan color space namun warna yang ditampilkan bisa tetap konsisten. File LUT ini dikenal sebagai Technical LUT.

Pada perkembangannya LUT atau 3D Lut saat ini juga digunakan untuk melakukan color grading pada moving images (film) maupun still images untuk menghasilkan mood dan look tertentu. File LUT ini dikenal sebagai Creative Look LUT. Penggunaan LUT di dunia sinema dan video yang telah lama dilakukan, menghasilkan color grading yang kemudian tipikal dikenali sebagai color grading cinematic. Contohnya color grading pada film-film box office Hollywood yang menggunakan color grading orange teal.

Seiring dengan perkembangan teknologi, file LUT yang awalnya hanya dikenali oleh aplikasi video editing saat ini sudah dapat digunakan juga di aplikasi image editing seperti Adobe Photoshop. Dengan demikian fotografer dan image editor dapat menggunakan file LUT ini untuk melakukan color grading di Photoshop untuk still image dengan fleksibilitas yang sama dengan di film.

Berikut beberapa contoh foto dengan menggunakan file 3D Lut untuk color grading di Photoshop:

Color grading menggunakan file 3D Lut Osiris M31:

Color grading menggunakan file 3D Lut Osiris Vision-X:

Color grading menggunakan file 3D Lut Teal Orange 2 Cinema Colour II:

Format File LUT

Color Lookup Table ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu 1D Lut dan 3D Lut. Perbedaan mendasarnya adalah bagaimana informasi yang tersedia, dimana di 3D Lut informasi yang tersedia lebih detail dan lengkap. Saat ini penggunaan file LUT di aplikasi telah umum menggunakan jenis 3D Lut sehingga kadang istilah LUT disebut juga sebagai 3D Lut.

Untuk format file LUT yang populer memiliki ekstensi .3dl. Jenis file ini dapat digunakanuntuk melakukan color grading di Photoshop.

Menggunakan File LUT di Photoshop

Simpan file LUT yang Anda miliki di hard disk. Kemudian di Photoshop Anda dapat menggunakan image adjustment Color Lookup dengan mengakses menu Image > Adjustments > Color Lookup kemudian dari menu yang muncul pilih Load 3D Lut… lalu pilih file LUT yang telah Anda simpan sebelumnya. Agar lebih fleksibel Anda tentunya dapat juga menggunakan layer Adjustment Color Lookup di panel Layers.

Membuat File LUT Sendiri di Photoshop

Anda dapat membuat sendiri file LUT di Photoshop yang nantinya bisa Anda aplikasikan pada foto lain. Dengan demikian Anda dapat menghasilkan color grading yang konsisten dari satu foto ke foto-foto lainnya tanpa harus melakukan proses editing yang panjang.

Berikut ini video cara menggunakan dan membuat file LUT untuk color grading di Photoshop:

Tips Menggunakan File LUT

Hampir semua file LUT yang Anda bisa cari dan dapatkan di internet ditujukan untuk file video atau film. Karena itu pembuat LUT biasanya membuat beberapa jenis LUT yang disesuaikan berdasarkan: jenis kamera yang digunakan dan format file yang ada. Sebagai contoh beberapa LUT dibuat khusus untuk file video dari kamera BlackMagic atau Canon C. Selain itu beberapa file juga dibuat khusus untuk file video dalam format LOG selain format lain yang umum. Karena itu apabila Anda menggunakan file LUT ini di still image sering kali perlu dilakukan tweak dan editing lanjutan untuk bisa menghasilkan color grading yang diinginkan.

Umumnya para kreator file LUT mendesain LUT yang mereka buat untuk video dengan format LOG dan Rec.709 yang cenderung flat. Kedua format ini mirip dengan format RAW pada still image digital. Karena itu sebaiknya Anda mengaplikasikan file LUT juga pada still image yang belum mengalami editing ekstrem. Pilih format file RAW di kamera, jangan gunakan picture style tertentu, pilih netral dan minimalkan semua seting seperti sharpness, saturation, contrast di kamera untuk menghasilkan image yang flat namun dengan informasi data yang maksimal. Jenis file seperti ini yang optimal digunakan dengan menggunakan file LUT nantinya.

Sebelum menggunakan file LUT, pastikan image atau video dari kamera digital Anda telah diaplikasikan denoise dan dithering. Hal ini dikarenakan umumnya file LUT akan melakukan perubahan yang agresif terhadap warna dan intensitas pada media. Sehingga apabila belum melakukan denoise atau dithering akan mengakibatkan munculnya artefact atau halo effect yang tidak diinginkan pada image.

Contoh kamera support format LOG: Blackmagic cinema camera FilmLOG, Arri Alexa LOG C, Canon C100/C300 C-LOG, Canon 1DC C-LOG, Canon DSLR Technicolor CineStyle, Sony S-LOG, RedOne/Epic/Scarlet RedLOG Film, Cineon LOG.

Contoh kamera support format Rec.709: Blackmagic Cinema Camera Video,  Arri Alexa Rec.709, Canon C100/C300 Cine 1&2 Gamma, Canon DSLR (VisionColor/VisionTech, Prolost Flat, Similaar Flat 10p, Cineplus Lightform N, Canon Neutral, dan camera profil Rec.709 lainnya), GoPro, RedOne/Epic/Scarlet Red Gamma 3.