Memahami fitur Content Aware di Adobe Photoshop

memahami fitur content aware di adobe photoshop

Fitur Content Aware merupakan sebuah fitur “pintar” yang ada pada Adobe Photoshop. Pintar karena dalam proses menggunakan fitur ini Photoshop akan mencoba menganalisa content atau isi dari sebuah foto dan kemudian menentukan dengan sendirinya cara terbaik untuk memperbaiki/retouch foto tersebut. Fitur ini pertama kali muncul di Adobe Photoshop versi CS4 yaitu fitur Content Aware Scaling. Kemudian muncul fitur baru di Adobe Photoshop versi CS5 yaitu Content Aware Fill dan Content Aware Healing. Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan masing-masing dari fitur Content Aware ini sehingga Anda dapat memahami fitur Content Aware di Adobe Photoshop.

1. Content Aware Scaling

Fitur ini merupakan fitur Content Aware yang pertama kali muncul yaitu di Adobe Photoshop versi CS4. Anda dapat mengakses fitur ini dengam mengakses menu Edit > Content-Aware Scale. Fitur ini mirip dengan Free Transform Tool. Namun dengan Content Aware Scale Photoshop cukup pintar untuk mengetahui elemen apa yang ada dalam foto sehingga terlindungi dari proses stretching/scaling agar tidak terdistorsi.

2. Content Aware Fill

Fitur ini mirip dengan Stamp Tool dan Patch Tool dan dapat diakses melalui menu Edit > Fill. Setelah menentukan area yang kita inginkan untuk proses retouch, langkah berikutnya dengan Stamp Tool dan Patch tool adalah kita menentukan area yang akan kita jadikan sample untuk mengisi (fill) area yang kita tentukan sebelumnya. Dengan Content Aware Fill, Photoshop akan cukup pintar untuk menentukan sendiri area yang cocok dijadikan sample dan mengisi (fill) area yang kita inginkan tersebut dengan sample tersebut.

3. Content Aware Healing

Fitur ini merupakan fitur baru yang dapat Anda aktifkan ketika Anda menggunakan Spot Healing Brush Tool di Toolbar. Sebelumnya tipe Spot Healing Brush hanya ada dua yaitu Proximity Match dan Texture. Tipe Spot Healing Brush ini menentukan bagaimana Photoshop mencoba memperbaiki (heal) spot pada foto. Di Adobe Photoshop CS5 ke atas, Adobe menambahkan satu tipe baru yaitu Content Aware. Dengan fitur baru ini Photoshop akan cukup pintar untuk memperbaiki atau heal spot berdasarkan content pada foto tersebut. Hasilnya tidak terlalu terlihat artifisial seperti ketika menggunakan tipe yang sebelumnya (Proximity Match dan Texture) dalam memperbaiki spot pada foto.

Photo credit: Andi Kurniadi