Memahami Image Adjustments di Photoshop

Perintah image adjustments di Photoshop merupakan fitur utama di aplikasi Adobe Photoshop yang digunakan untuk melakukan penyesuaian atau adjustment pada foto. Hampir semua retouching yang kita lakukan pada foto akan menggunakan image adjustments di Photoshop. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan masing-masing image adjustment yang ada di dalam Adobe Photoshop beserta contohnya.

Image adjustments di Photoshop dapat diakses dengan memilih menu Image > Adjustments seperti yang terlihat pada gambar berikut:

image adjustments di photoshop

Pada saat tulisan ini dibuat saya menggunakan Adobe Photoshop versi CC (Creative Cloud) yang memiliki perintah image adjustments seperti yang terlihat di atas. Bila Anda perhatikan, Adobe mengelompokan image adjsutments dalam beberapa kelompok yang dibatasi oleh garis pembatas. Kelompok pertama yang terdiri Brightness/Contrast hingga Exposure digunakan untuk melakukan penyesuaian gelap terang pada foto. Kelompok kedua yang terdiri dari Vibrance sampai Color LookUp digunakan untuk melakukan perubahan pada warna. Kedia kelompok ini diatur sedemikan rupa oleh Adobe Photoshop karena dalam melakukan editing pada foto yang dilakukan pertama kali adalah melakukan perubahan pada gelap terang. Untuk jelasnya lihat pada video berikut:

Kelompok image adjustments berikutnya merupakan tool atau perintah lain yang melengkapi perintah-perintah yang sudah ada pada image adjustments. Untuk lebih jelasnya lihat pada video berikut:

Demikian penjelasan tentang Image Adjustments di Photoshop dan fungsi dari masing-masing adjsutment tersebut.