Membuat efek bentuk bokeh dengan Photoshop

Pada tutorial ini saya akan memperlihatkan bagaimana membuatefek bentuk bokeh dengan Photoshop. Tutorial ini tidak bertujuan untuk membuat efek blur atau merubah bentuk bokeh dari sebuah foto yang sudah ada (bukan retouch foto). Kali ini lebih ke tutorial digital imaging untuk membuat bentuk bokeh dari nol. Tutorial ini merupakan variasi tutorial yang saya pelajari dari Fabio Sasso.

Langkah 1

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Buat dokumen baru di Adobe Photoshop. Karena nantinya saya akan buat untuk wallpaper, maka dimensi yang saya pilih adalah 1280 x 800 pixels dengan resolusi 72 ppi.

Langkah 2

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Rubah warna bakcground menjadi warna abu-abu gelap. Dalam contoh ini saya menggunakan warna #181818. Jangan gunakan warna hitam (#000000) karena efek bokehnya tidak akan muncul.

Langkah 3

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Selanjutnya buat layer baru dan kemudian dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool buat seleksi berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 450 px di layer baru tersebut. Isi seleksi lingkaran dengan warna hitam. Pada gambar di atas visibility layer Background sengaja dimatikan agar bentuk lingkaran terlihat.

Langkah 4

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Pilih menu Layer > Layer Style > Blending Options (shortcut untuk ini adalah dengan double click ruang kosong di samping nama layer pada Layer Palette). Kemudian pada pilihan Fill Opacity rubah menjadi 50%. Setelah itu jangan tekan tombol OK karena masih ada satu langkah lagi berikutnya.

Langkah 5

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Masih di menu Layer Style, berikutnya pilih Style Stroke. Pilih Size: 7, Position: Inside dengan warna hitam. Setelah itu tekan tombol OK.

Langkah 6

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Seleksi lingkaran yang baru kita buat di langkah sebelumnya (sembari menekan tombol Ctrl tekan icon layer lingkaran di Layer Palette). Kemudian pilih menu Edit > Define Brush Preset dan beri nama. Apa yang kita lakukan disini adalah kita membuat brush Photoshop baru dari area yang kita seleksi sebelumnya. Dalam tutorial ini brush saya beri nama Circular Bokeh. Setelah itu Anda dapat membuang layer yang berisi lingkarang tersebut.

Langkah 7

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Berikutnya pilih Brush Tool kemudian buka menu Window > Brush Presets kemudian pilih brush Circular Bokeh yang baru kita buat di langkah sebelumnya. Biasanya brush ini ada di pilihan paling akhir dengan size 450 px sesuai dengan ukuran diameter yang kita buat di Langkah 3.