Membuat efek bentuk bokeh dengan Photoshop

Langkah 19 – Variasi Warna

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Apabila saya hendak mewarnai bokeh yang berada di Layer 1 di dalam Group layer Bokeh, maka aktifkan layer tersebut kemudian pilih menu Layer > Layer Style > Color Overlay. Kemudian saya bisa merubah warna bokeh dengan mengklik kotak warna di samping pilihan Blend Mode. Pada contoh ini saya menggunakan warna merah. Untuk membuat warna lebih terlihat Anda dapat merubah Blend Mode: Hard Light.

Langkah 20 – Variasi Warna

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Pada contoh di atas, masing-masing layer menggunakan warna berbeda-beda dengan merubah Layer Style – Color Overlay dari masing-masing layer.

Langkah 21 – Variasi Gradasi Warna

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Selain dengan merubah Layer Style – Color Overlay dari masing-masing layer, variasi lain adalah dengan membuat gradasi warna dari masing-masing layer. Caranya adalah dengan memilih Gradient Overlay pada saat berada di Layer Style masing-masing layer (pada langkah sebelumnya kita memilih Color Overlay). Dengan merubah seting gradasi pada saat di Gradient Overlay maka kita dapat merubah warna gradasi dari masing-masing layer.

Langkah 22 – Variasi Background

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Untuk memberikan variasi pada background, buat layer baru di atas layer Background. Kemudian beri gradasi pada layer tersebut. Pada contoh di atas saya menggunakan gradasi Kuning-Cyan-Purple-Orange dengan Angle: 45. Selanjutnya rubah layer blending mode menjadi Screen dan Opacity: 20%.

Hasil akhir (klik untuk ukuran lebih besar):

membuat efek bentuk bokeh dengan photoshop

Hasil akhir di atas didapat dengan sentuhan akhir berupa pengaturan Brightness & Contrast dengan perintah Level. Selain bokeh berbentuk bulat (circular), Anda dapat juga berkreasi dengan bokeh berbentuk lain seperti bokeh polygonal dengan membuat bentuk polygonal pada Langkah 3 di atas sebelumnya.