Membuat Efek Fish Eye di Photoshop

Efek fish eye di Photoshop

Tutorial kali ini merupakan respon dari salah satu follower FotografiDesain di Twitter yaitu @domobramantyo yang menanyakan bagaimana cara membuat efek fish eye di Photoshop. Efek fish eye merupakan distorsi yang terjadi pada foto yang diambil dengan menggunakan lensa fish eye pada kamera.

membuat efek fish eye di photoshop

Ada banyak cara untuk mensimulasikan efek fish eye ini dengan aplikasi Adobe Photoshop. Namun saya rasa tidak ada satupun cara yang benar-benar dapat mereproduksi efek fish eye ini dengan hasil yang mirip dengan foto yang diambil langsung dengan menggunakan lensa fish eye. Namun ada beberapa teknik yang dapat digunakan di Adobe Photoshop untuk membuat efek fish eye ini. Salah satu yang cukup populer adalah dengan menggunakan Filter > Distort > Spherize. Namun cara ini saya rasa tidak terlalu bagus hasilnya karena efek filter ini hanya di apply pada bagian tengah dari image secara keseluruhan sehingga kita harus melakukan cropping untuk mendapatkan efek fish eye. Cara yang lebih mendekati dengan efek fish eye adalah dengan merubah Geometry Distortion yang bisa diakses di filter Lens Correction. Fitur Geometry Distortion di filter ini sebenarnya digunakan untuk melakukan koreksi pada foto yang mengalami distorsi karena pengaruh lensa yang digunakan. Namun dengan menggunakan fitur ini kita dapat pula mensimulasikan efek fish eye dengan cukup baik.

Namun apabila kita menggunakan filter Lens Correction ini harus diperhatikan komposisi dari foto yang kita gunakan. Karena apabila kita merubah setting Geometry Distortion akan mengakibatkan pixel di bagian tengah foto menjadi berkurang kualitasnya. Untuk itu silahkan lihat video tutorial kali ini untuk melihat tips bagaimana agar efek fish eye pada foto bisa menjadi lebih maksimal.