Membuat Efek Ray of Light (RoL) Dengan Gradient di Adobe Photoshop

Membuat efek Ray of Light

Efek Ray of Light atau RoL merupakan tutorial paling populer di FotografiDesain baik dari faktor page view di web maupun di channel YouTube. Dari sisi visual kita memang jarang menemukan Ray of Light di sekitar kita sehingga kita cenderung tertarik melihat foto yang memiliki elemen visual Ray of Light. Hingga saat ini kalau tidak salah saya sudah post 2 teknik atau cara membuat efek Ray of Light di sini dan di sini. Masing-masing teknik memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk memberikan peilihan lebih untuk Anda membuat efek Ray of Light di Photoshop pada tutorial kali ini saya akan perlihatkan bagaimana membuat efek Ray of Light dengan menggunakan Adjustment Layer Gradient di Adobe Photoshop.

Foto yang saya gunakan pada tutorial ini adalah foto Tropical Jungle dari Merelize yang bisa dilihat di link ini. Setelah menggunakan efek Ray of Light yang saya perlihatkan pada video tutorial maka Anda bisa melihat hasilnya seperti ini (geser kursor ke dalam gambar untuk melihat foto aslinya sebelum efek Ray of Light):

Membuat efek Ray of Light

Yang membedakan teknik membuat efek Ray of Light ini dibandingkan dengan teknik lain adalah banyaknya pilihan-pilihan untuk merubah tampilan Ray of Light sesuai dengan yang diinginkan. Anda dapat memberikan warna, bentuk, softnes/hardness, arah dan efek noise atau partikel udara di Ray of Light tersebut dengan lebih mudah.

  • Barata Si Kucing

    Terimakasih Tutorial’nya :)

    • bismafs

      Sama2 :)