Membuat Foto Cinematic

Untuk tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana membuat dramatic portraiture dengan cinematic style. Dalam membuat efek seperti ini saya hanya akan menggunakan natural window light dengan memanfaatkan sebuah jendela yang cukup besar. Karena saya ingin dalam membuat foto cinematic ini berkesan dramatis, maka saya memilih untuk menggunakan teknik pencahayaan sidelight dimana arah cahaya berasal dari samping subjek. Pencahayaan sidelight cenderung menghasilkan foto yang dramatis dikarenakan pencahayaan yang kontras dari gelap ke terang pada foto.

Berikut skema lighting dimana jendela berada di sebelah kiri subjek:

membuat foto cinematic

Hasil fotonya adalah sebagai berikut:

membuat foto cinematic

Untuk editing foto ini saya menggabungkan efek bleach bypass dengan salah satu file 3DLUT yang ada pada Adjustment Color Lookup. Fitur ini bisa diakses pada Adobe Photoshop versi CS6 ke atas. Fitur ini aslinya berasal dari fitur untuk color grading film yang biasanya ada pada aplikasi coloring dan grading untuk media film. Dengan memanfaatkan fitur ini di Adobe Photoshop maka kita dapat membuat foto cinematic dengan lebih mudah dari sisi editingnya.

Berikut foto hasil editing membuat foto cinematic:

membuat foto cinematic

Berikut tutorial cara membuat foto cinematic:

Berikut adalah contoh hasil editing dengan teknik yang dijelaskan di video atas namun dengan menggunakan 3DLUT file yang berbeda:

Silahkan share foto hasil editing Anda dengan tutorial ini. Upload di comment bawah ini atau tulis URL ke foto Anda. Terima kasih.

  • Halo. Sedang on progress, agak lambat sekarang karena sedang ada kesibukan lain. Mudah2an bisa cepat kelar :)

  • osied

    haturnuhun kang bisma atas ilmunya

  • Novri Mulyadi

    benar2 jelas penjelasaan nya mudah dimengerti kereeeeeen

  • Maryanto

    Terima kasih udah sharing mas…

    • bismafs

      Sama2, senang bisa membantu :)

  • Molano Ahmed

    makasih banyak atas ilmunya….

    • bismafs

      Sama2, senang bisa membantu :)