Membuat langit berwarna biru (part 02)

Tutorial ini merupakan sambungan dari tulisan sebelumnya. Pada tulisan sebelumnya saya telah menjelaskan langkah-langkah apa saja yang dapat kita lakukan agar warna biru pada langit tidak menjadi putih atau pucat pada saat pemotretran. Berikutnya apabila hasil foto langit masih dirasakan kurang berwarna biru, maka langkah berikutnya dapat dilakukan retouch dengan menggunakan Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom. Perlu diperhatikan, apabila pada foto asli bagian langit berwarna total putih, maka satu-satunya cara adalah dengan mengganti langit tersebut dengan foto langit lain. Apabila dicoba untuk merubahnya menjadi berwarna biru maka hasilnya biasanya tidak akan maksimal dan terlihat artificial. Sedangkan apabila langit pada foto asli sudah mengandung unsur warna biru, maka dapat diretouch untuk membuat langit tersebut menjadi lebih biru atau pekat dengan fitur yang ada pada aplikasi Photoshop dan Lightroom. Jadi sebisa mungkin agar mendapatkan foto asli dengan baik terlebih dahulu karena tidak semuanya bisa diperbaiki dengan baik menggunakan aplikasi digital imaging.

Seperti biasa, untuk mendapatkan satu efek tertentu banyak cara yang dapat dilakukan dengan dengan menggunakan dua aplikasi di atas. Pada tutorial ini saya akan memperlihatkan cara yang sering saya gunakan. Untuk contoh kasus saya akan menggunakan foto berikut dan merubah warna biru pada langit menjadi lebih pekat.

membuat langit berwarna biru

1. Adobe Photoshop

Berikutnya foto tersebut kita buka menggunakan Adobe Photoshop. Selanjutnya saya akan membuat efek filter Graduated Neutral Density dengan menggunakan fitur Exposure. Setelah foto dibuka di Photoshop kemudian pilih Layer > New Adjustment Layer > Exposure… Berikutnya dengan menggunakan Gradient tool saya membuat masking sedemikian rupa sehingga masking terbagi dua dengan masking berwarna putih di bagian atas (langit).

membuat langit berwarna biru

Kemudian saya atur seting Exposure sebagai berikut:

membuat langit berwarna biru

Pada saat melakukan perubahan perhatikan histogram (Window > Info) agar tidak terjadi Clipping di Highlight. Dengan setting seperti di atas maka foto sekarang akan tampak seolah-oleh difoto dengan menggunakan filter Graduated Neutral Density:

membuat langit berwarna biru

Selanjutnya untuk melakukan perubahan pada warna saya menggunakan fitur Hue/Saturation. Pilih Layer > New Adjsutment Layer > Hue/Saturation… Di window berikutnya kemudian berikan tanda pada bagian Use Previous Layer to Create Clipping Mask.

membuat langit berwarna biru

Posisi layer sekarang tampak sebagai berikut:

membuat langit berwarna biru

Selanjutnya kita bisa melakukan perubahan Saturation dan Lightness pada Channel Blues dan Channel Cyans di setting Hue/Saturation sesuai dengan yang diinginkan seperti contoh berikut:

membuat langit berwarna biru

Dengan perubahan yang kita lakukan di atas maka didapat hasil sebelum dan sesudah sebagai berikut (klik untuk size yang lebih besar):

membuat langit berwarna biru

2. Adobe Lightroom

Apabila Anda menggunakan Adobe Lightroom maka dapat menggunakan langkah-langkah berikut. Setelah foto masuk dalam Catalog selanjutnya buka foto tersebut dalam panel Development.

membuat langit berwarna biru

Kemudian pilih tool Graduated Filter dan drag difoto untuk menentukan posisi gradasi sesuai dengan yang diinginkan

membuat langit berwarna biru

membuat langit berwarna biru

Berikutnya Anda tinggal mengatur setting pada Graduated Filter seperti contoh berikut:

membuat langit berwarna biru

Berikut hasil akhir sebelum dan sesudah:

membuat langit berwarna biru

* Tulisan Membuat Langit Berwarna Biru Part 01 dan Part 02 merupakan respon dari pertanyaan yang disampaikan salah seorang pengunjung FotografiDesain.com yaitu sdr Arief Angga Hidayat dari Bandung melalui form Contact. Terima kasih :)

  • Bachtiar

    Buat nge blend (ngeganti langit.)…gimana mas…mohon pencerahan…makasih

  • newbie

    tutorial yang bermanfaat,… hebat mas brow..

  • Firdi

    Website mas sangat-sangat berguna mas,,thank banyak masizin alamat web mas saya simpan . . . sukses mas . . . .

  • Utar Aiyo

    Maaf mas,,jdinya ko item smua,,,

    • bismafs

      Bisa dijelaskan langkah2nya apa sebelum jadi hitam semua

  • Mul Yadi

    Simple banget. tapi hasilnya wow..TQ

  • padi

    buatin videonya dong biar lebihjelas om
    mohon bantuannya

  • jonugraha

    Nice share mas….. Sangat membantu bagi pemula :-)

    • bismafs

      Terima kasih, senang bisa membantu :)

  • Fotografisdesain

    Nice Info Mas.. semoga semangat terus dalam berkarya… siapa tau bisa menjadi seorang penulis buku khusus membahas penggunaan adobe lightroom,, coz dipasaran msh sulit mncari buku-buku yang membahas ligtroom…

    • bismafs

      Terima kasih. Untuk nulis buku sedang cari waktunya kebetulan masih sibuk sama yg lain :)

  • tuan muda

    manatab gan

    • Anonim

      Terima kasih :)

  • iwakmas.com

    sumpah tutorialnya keren banget mas…thanx berat…
    salam kenal dari newbie

    • Anonim

      Terima kasih. Salam kenal juga :)

  • El_ghifarie

    makasih tips nya

    • Anonim

      Sama2 :)