Membuat Ray of Light di Photoshop

Ray of Light atau Light Ray merupakan cahaya atau sinar yang biasa terlihat ketika cahaya melewati objek-objek tertentu seperti jendela atau rimbunnya dedaunan. Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana membuat Ray of Light di Photoshop. Biasanya Ray of Light (RoL) atau Light Ray dapat ditangkap dengan kamera apabila cahaya yang ada cukup kuat dan kondisi pencahayaan di area pemotretan cukup kontras. Namun pada beberapa kondisi, dikarenakan sensor kamera memiliki keterbatasan dynamic range dalam melihat gelap terang, maka Ray of Light yang tampak dengan mata langsung tidak dapat direkam dengan baik oleh kamera. Karena itu pada hasil foto, Ray of Light yang terlihat dengan baik menjadi cenderung terlihat samar-samar atau tidak sama sekali. Dengan bantuan aplikasi seperti Adobe Photoshop kita dapat mencoba untuk memperbaiki tampilan sinar tersebut sehingga Ray of Light menjadi lebih terlihat jelas pada foto.

Namun seperti dijelaskan di atas, pada beberapa kondisi Ray of Light menjadi tidak tertangkap oleh kamera. Atau kita menemukan sebuah area pemotretan yang akan terlihat lebih dramatis seandainya ada elemen Ray of Light dalam foto tersebut. Nah pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana kita dapat membuat Ray of Light di Photoshop. Sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang cara membuat Ray of Light ini dan merupakan salah satu tutorial terpopuler di web ini maupun di Youtube. Bedanya dengan tutorial yang saya posting sekarang adalah dalam hal teknik yang digunakan memungkinkan pembuatan Ray of Light yang lebih fleksibel. Di tutorial ini saya akan perlihatkan bagaimana kita bisa mensimulasikan Ray of Light sehingga terlihat lebih organik tidak hanya berupa bentuk sinar lurus saja. Selain itu dalam teknik ini juga akan saya perlihatkan bagaimana kita bisa merubah angle dari Ray of Light tersebut termasuk merubah warna dari sinar atau cahaya. Kemampuan untuk merubah sinar atau cahaya ini penting untuk bisa membuat Ray of Light yang lebih realistis. Karena cahaya atau sinar yang masuk ke dalam area pemotretan atau frame bisasanya sudah dipengaruhi oleh refleksi dari berbagai warna elemen yang ada. Dengan merubah warna Ray of Light kita dapat membuat sinar atau cahaya cocok dengan karakter dari foto secara keseluruhan.

  • Ayu SR

    terima kasih tutorial y

  • iwan

    ohhhh bagus banget Gan…mks

  • yoko

    Hallo ..mas…
    Terima kasih, tutorial yang sangat membantu.
    Cuma, saya ada masalah dalam mengikuti tutorial ini. Saya berhenti di “motion blur”. Waktu saya klik yang muncul hanya kotak hitam saja. Bukan kotak yang bergaris garis hitam putih.
    Kira kira kenapa ya ?

    • bismafs

      Udah dijawab via japri yah pak. Masalahnya seleksi layer masking saja.

  • Gesang86

    Nice tutorial…. :D

  • Insomania scan

    hi….

    saya mau bertanya gan..
    saya mau membuat spanduk untuk ukuran misalnya 4×1 meter dengan photoshop..
    bagaimana pengaturan besar pixel layar dan resolusi yang di pakai
    bagaimana cara pengaturan waktu di save?? untuk hasil yang maksimal waktu di cetak???
    makasi

    • bismafs

      Untuk cetakan ukuran besar seperti itu lebih baik buat di aplikasi berbasis vector seperti Adobe Illustrator atau CorelDraw. Kalo mau dibikin pake aplikasi berbasis bitmap seperti Photoshop nanti filesizenya jadi besar sekali. Kalo mau dicoba bisa aja, di Photoshop pilih File > New kemudian masukin ukurannya di Width dan Height kemudian resolusinya bisa set di 300 pixels/inch. Sekedar informasi dokumen kosong di Phtoshop dengan ukuran 4 x 1 meter file sizenya udah 1.6 GB.

      • Insomania scan

        mas bro., ada yang bilang klo pakai ukuran 40×10 CM
        Dengan resolusi 1000 pixel/inci (untuk ukuran 4×1 meter)
        Itu pecah gak ya mas bro waktu di cetak??

        Pada tanggal 23/07/13, Disqus menulis: