Memperbaiki overexposed kulit dengan Photoshop

Tutorial ini merupakan respon dari salah satu pertanyaan yang disampaikan oleh pengunjung FotografiDesain.com di Facebook Page mengenai cara memperbaiki foto yang overexposed. Namun pada video tutorial kali ini selain menjawab pertanyaan tersebut terlebih dahulu saya akan memperlihatkan tutorial bagaimana memperbaiki overexposed kulit atau blownout skin. Kejadian seperti ini biasa terjadi apabila subjek foto berada pada kondisi pencahayaan yang ekstrim misalkan berada di bawah pohon sehingga sebagain badan subjek ada yang tertutup bayangan, ada yang tidak.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan sebuah foto dari boogy_man yang dapat Anda download di link berikut. Foto tersebut seperti Anda lihat pada contoh dibawah mengalami blownout skin pada bagian mukanya.

Overexposed kulit

Pada video tutorial di bawah saya akan perlihatkan dua buah cara bagaimana kita bisa memperbaiki overexposed kulit tersebut sehingga bisa terlihat lebih seimbang seperti di bawah ini.

Well exposed skin

Pada bagian terakhir dari tutorial memperbaiki overexposed kulit ini saya akan menjawab pertanyaan di awal yaitu cara untuk memperbaiki foto yang overexposed. Pada dasarnya teknik untuk memperbaiki overexposed foto dapat dilakukan dengan banyak cara di Photoshop, namun saya tetap menyarankan untuk tetap menghindari terjadinya overexposed pada saat pemotretan. Karena lebih sulit memperbaiki foto overexposed daripada foto yang underexposed. Biasanya foto yang overexposed tidak memiliki detail sama sekali hanya area warna putih yang ada pada foto. Sedangkan foto underexposed masih memiliki detail walaupun sangat minimal sehingga masih ada yang bisa diolah. Untuk memperbaiki overexposed pada tutorial kali ini saya hanya menggunakan sebuah teknik yang sederhana yang dapat Anda lihat pada bagian akhir video tutorial.