Memperbaiki Warna Foto Tanpa Merubah Luminositas

Tutorial berikut ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya. Dimana di tutorial sebelumnya saya memperlihatkan tips bagaimana merubah luminositas (tone gelap terang) pada foto tanpa merubah hue, saturation dan lightness pada foto. Sedangkan pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan sebaliknya yaitu bagaimana merubah atau memperbaiki warna foto tanpa merubah luminositas (tone gelap terang) pada foto dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Teknik pada tutorial ini merupakan teknik retouching yang biasa diterapkan pada foto-foto landscape. Dimana dengan teknik ini kita dapat membuat saturasi dan vibrasi dari warna menjadi terlihat lebih hidup tanpa merubah exposure atau pencahayaan yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk bahan tutorial ini saya menggunakan foto berikut:

Memperbaiki Warna Foto
Photo by Alan English CPA
Memperbaiki Warna Foto
Photo by Barbara
Memperbaiki Warna Foto
Photo by Barbara

Teknik ini memanfaatkan image mode LAB yang merupakan image mode yang tidak banyak orang menggunakannya. Image mode ini sangat powerfull karena begitu kita merubah image mode dari RGB atau CMYK ke LAB, maka channel foto akan dibagi menjadi 3 yaitu channel lightness (luminosity) dan 2 channel warna A dan B. Dengan memisahkan antara Lightness dan Color maka kita dapat bekerja pada masing-masing channel tanpa merubah channel lainnya. Keunggulan lain dari image mode LAB ini adalah color gamut yang lebih luas dari RGB dan CMYK yang artinya dapat mencakup lebih banyak variasi warna ketimbang 2 image mode yang populer tersebut.

Cara ini selain biasa digunakan untuk memperbaik warna foto pada foto landscape dapat juga digunakan pada foto lainnya. Silahkan Anda coba sendiri gunakan teknik ini pada jenis foto yang sering Anda lakukan apakah itu food photography, architectural photography, bahkan juga glamour photography. Dengan teknik ini Anda dapat memperbaiki kontras dan warna pada foto secara independen tanpa saling mempengaruhi antara satu elemen dengan elemen yang lainnya. Silahkan share hasil editing Anda di bagian Comment di bawah ini atau upload di Flickr Group FotografiDesain.