Menambahkan tekstur pada foto dengan Photoshop

Menambahkan tekstur pada foto dengan Photoshop dapat memberikan dimensi dan mood baru pada foto. Banyak foto seperti foto-foto portraiture yang terlihat biasa saja, setelah diberikan texture akan memperkuat foto karena menjadi lebih dramatis. Selain foto portraiture, texture juga dapat diberikan pada jenis-jenis foto lain seperti foto landscape.

menambahkan tekstur pada foto dengan photoshopPhoto courtesy of Ellen Edersheim. Klik untuk memperbesar foto.

File texture ini dapat dengan mudah dicari karena banyak web yang menawarkan file-file texture yang dapat didownload dengan gratis (silahkan googling dengan keywords: free hi res texture). Yang perlu diperhatikan pada saat memilih gambar texture pastikan dimensi dan resolusi dari file texture tersebut cukup besar, paling tidak sama atau lebih besar dari foto yang akan kita berikan texture. Karena apabila dimensi dan resolusinya lebih kecil kita akan terpaksa me-resize atau stretch gambar texture tersebut yang dapat berakibat gambar texture menjadi blur atau turun kualitasnya.

 menambahkan tekstur pada foto dengan photoshopPhoto courtesy of Leroy Allen Skalstad. Klik untuk memperbesar foto.

Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan berbagai cara untuk memberikan atau menambahkan atau blend texture dengan foto menggunakan Adobe Photoshop. Video tutorial saya buat cukup ekstensif dengan contoh texture black & white, texture color dan contoh penerapan texture baik pada foto portraiture maupun foto landscape. Foto yang saya gunakan saya ambil dari StockVault.net yang dapat Anda download di link berikut:

Apabila Anda berhasil menerapkan tutorial ini pada foto Anda, saya akan sangat berterima kasih apabila hasil foto tersebut Anda share bersama di sini. Anda bisa upload foto Anda di group FotografiDesain Flickr ataupun di image hosting lain kemudian bisa Anda taruh linknya di bagian Comment di bawah ini. Terima kasih :)