Menggunakan Filter Path Blur Untuk Membuat Langit Dramatis di Photoshop CC 2014

Salah satu dari fitur baru yang diperkenalkan oleh Adobe untuk Photoshop CC (Creative Cloud) versi 2014 adalah beberapa jenis filter Blur. Filter-filter ini dikelompokkan dalam satu galeri filter yang dinamakan Blur Gallery oleh Adobe. Pada tutorial kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana memanfaatkan salah satu filter blur baru ini yaitu filter Path Blur untuk membuat langit dramatis dari langit yang biasa saja.

Filter Path Blur ini hampir mirip dengan filter motion blur yang sudah ada sebelumnya di Adobe Photoshop versi sebelumnya. Perbedaannya adalah, bila di Motion Blur arah dari blur hanyalah linear maka di Path Blur arah blur dapat kita atur sesuai dengan yang diinginkan. Dengan demikian kita bisa lebih kreatif dalam membuat bentuk blur yang dinamis. Untuk Anda yang masih menggunakan Photoshop versi CC awal atau CS6 sebelumnya, Anda dapat mengganti fungsi Path Blur pada tutorial ini dengan menggunakan Radial Blur. Nantinya Anda tinggal atur titik tengah radial dan besarnya blur disesuaikan dengan foto yang digunakan.

Foto yang digunakan pada tutorial ini berasal dari Wikimedia Commons:

city

Foto dari Richard Bartz, Munich. Klik di sini untuk download.

cloud

Foto dari Wknight94. Klik di sini untuk download.

Pada tutorial ini selain aplikasi penggunaan filter Path Blur, saya juga akan memperlihatkan bagaimana mengganti area langit pada foto dengan menggunakan teknik masking, teknik color grading dan membuat aspect ratio gambar 16:9 seperti pada layar wide screen. Hasil akhir adalah sebuah foto yang lebih dramatis dari foto sebelumnya:

finish_web

Berikut video tutorialnya:

Creative Commons Licence
Video tutorial: Membuat Langit dan Awan Dramatis dengan Photoshop CC 2014 by FotografiDesain.com is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Montreal_skyline_cloudy.jpg and http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Cloudy_hills_in_Elis,_Greece_2.jpg.