Panduan Awal Menggunakan Plugin Nik Collection dari Google

Plugin Nik Collection dari Google merupakan salah satu plugin untuk Photoshop maupun Lightroom yang bagus dan memiliki interface yang sangat baik. Awalnya plugin ini dijual dengan harga sekitar 150 USD, bahkan pada awal peluncurannya sempat dijual diharga 500 USD, namun sesuai dengan yang saya tulis di artikel sebelumnya, Google memutuskan untuk merilis aplikasi plugin Nik Collection ini secara free atau gratis.

plugin nik collection

Aplikasi plugin Nik Collection ini terdiri dari 7 filter dengan memanfaatkan “U Point Technology” yang merupakan teknologi yang memungkinkan untuk melakukan seleksi secara lebih mudah. Teknologi ini selain bisa ditemukan di plugin Nik Collection, juga bisa Anda temui di aplikasi Snapseed dan Capture NX. Untuk dapat memanfaatkan secara maksimal plugin Nik Collection ini maka saya membuat 3 video yang akan membahas mengenai introduction atau panduan awal dalam menggunakan Nik Collection.

Video ini saya buat dalam 3 bagian yang saya bagi berdasarkan pokok pembahasannya yaitu:

Bagian 1: Seting global Nik Collection

Pada video ini saya membahas mengenai seting yang berlaku secara umum pada plugin Nik Collection.

Bagian 2: Memahami cara kerja Control Point

Control point pada plugin Nik Collection menggunakan “U Point Technology” yang memungkinkan Anda untuk melakukan selective adjusment tanpa harus membuat seleksi yang kompleks. Control point ini sangat powerfull dan dapat Anda temukan di semua filter yang ada di dalam Nik Collection.

Bagian 3: Mengenal fitur Brush, bekerja dengan Smart Object dan workflow

Di bagian ini saya memperlihatkan bagaimana kita bisa melakukan selective adjustment dengan fitur Brush. Selain itu plugin ini juga compatible dengan smart object di Photoshop sehingga Anda dapat melakukan adjustment berulang pada layer seperti dengan smart filters. Dan di bagian terakhir saya akan menjelaskan mengenai rekomendasi workflow apabila Anda menggunakan  Nik Collection dalam mengedit foto Anda untuk hasil yang maksimal.

Pada tulisan berikutnya saya akan memberikan penjelasan dari masing-masing filter yang ada di plugin ini.