Menghilangkan Color Casting Pada Foto

Color Casting biasanya terjadi karena pemilihan seting White Balance pada kamera yang tidak tepat atau deviasi warna yang disebabkan sumber cahaya yang ada pada saat pemotretan. Akibat dari color casting ini makan photo akan tampak bias oleh warna tertentu misalkan warna kebiruan (apabila foto outdoor) atau kekuningan (foto indoor). Karena perubahan warna ini, maka warna asli dari objek yang ada pada foto menjadi berubah. Hal ini cukup fatal seperti contohnya pada food photography yang mengakibatkan warna dari makanan menjadi tidak semenarik semestinya.

Untuk memperbaiki foto yang mengalami color casting seperti ini makan bisa digunakan software Photoshop. Dengan Photoshop dikenal beberapa cara untuk menghilangkan color casting. Pada tutorial ini saya akan memperlihatkan teknik menghilangkan color casting yang cukup akurat.

Pada dasarnya dengan teknik ini kita harus terlebih dahulu dapat mengidentifikasi warna netral dari foto tersebut. Warna netral yg sudah berubah akibat color casting pada foto tersebut kemudian kita rubah agar menjadi warna netral yang seharusnya. Setelah warna netral dirubah maka secara otomatis warna pada area highlight dan shadow akan mengikuti sehingga color casting dapat dihilangkan pada foto. Bagian terpenting seperti yang saya tulis diatas adalah bagaimana mengidentifikasi warna netral pada foto. Untuk itu ada trik nya yang dapat Anda lihat pada video tutorial saya. :)

*Photo from Dexion